Bandwidth Controller

Mengatur trafik data didalam jaringan

Bandwidth Controller bertujuan untuk mengatur bandwidth dari untuk pemakaian Internet, agar semua komputer pada satu jaringan yang sama mendapatkan bagian Bandwith yang sama. Bila di sebuah jaringan komputer yang terdidiri dari beberapa komputer dan menggunakan jaringan internet yang sama, bila tidak ada Bandwith Controller maka pemakaian internet pada setiap komputer tidak merata. Sebab komputer yang melakukan Download dengan size yang besar maka bandwith komputer akan dialihkan kepada komputer yang sedang mendownload tersebut, sementara komputer lain bandwithnya akan drop (Melambat)

Penempatan software Bandwidth Controller sangatlah penting,karena dengan software ini anda dapat membagi bandwith internetnya ke seluruh komputer dengan sama besar (Merata) sehingga cocok digunakan untuk bidang usaha Warnet.

Bandwith kontroler tidaklah sama dengan Server, Server bertugas hanya sebagai gerbang membuka atau menutup jalur antara Provider dengan komputer lainnya (Client), Server dapat memblok sebuah komputer Client agar tidak terhubung dengan Internet, server juga dapat menutup jalur akses sebuah situs ke komputer Client, sehingga client komputer tidak dapat mengakses situs tersebut; Contohnya Sebuah server dapat memblokir agar komputer client tidak dapat mengakses situs facebook.com. Sementara server tidak dapat untuk membagi Bandwith.

Fungsi Bandwith Controller :

  • Mengatur download dan upload computer lain untuk data trafik.
  • Prioritas bagi computer atau beberapa computer untuk mengaccess data pada jaringan network maupun internet.
  • Memblock atau memfilter packet baik keluar dan masuk pada sebuah computer atau group didalam LAN baik mengkontrol dari lapis network 3 dan 7.
  • Pengaktifkan batas dan prioritas bagi computer lain termasuk pengaktifkan dengan waktu tertentu.

Bandwidth Controller bisa dikatakan sebagai software pembatas bagi computer lain atau memberikan prioritas bagi computer lain agar bisa mengaccess data internet maupun data lokal

Bandwidth Controller dapat melakukan pembatasan atau membagi kecepatan trafik didalam jaringan . Bahkan software ini dapat membatasi kecepatan maksimum bagi computer lain yang dianggap terlalu banyak mengunakan data trafik. Bandwidth Controller juga memiliki beberapa fitur sangat baik sehubungan dengan kebutuhan traffic didalam sebuah jaringan network.

Dibawah ini beberapa kemampuan dari Bandwidth Controller :

  • Memberikan batasan pemakaian Bandwith iternet ke beberapa komputer atau group komputer dengan menggunakan trafik data ke server.
  • Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth
  • Membatasi pemakaian akses internet ke komputer tertentu.
  • Mengatur waktu pemakaian Internet, anda dapat mengatur waktu pemakaian internet kapan komputer bisa dipakai internet dan kapan komputer tidak dapat terhubung dengan internet.
  • Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP.
  • Dan fitur terbaik adalah dapat menampilkan daftar computer yang mana yang terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN.
  • Bahkan Bandwidth Controller menampilkan kemanakah sebuah computer sedang mengaccess data dengan menampilkan koneksi dari nomor IP server didalam daftar list bandwidth Controller.

Cara kerja dari Bandwidth Controller

Software Bandwidth Controller dipasang atau diinstall pada sebuah Komputer yang memiliki access data keluar jaringan. Misalnya computer sebagai server / Gateway atau router yang mengunakan 2 ehternet card dimana 1 card untuk koneksi internal LAN terhubung ke HUB network, dan sebuah lagi terhubung ke jaringan internet. Sehingga seluruh koneksi computer ke computer server tersebut dapat diatur oleh Bandwidth Controller. Karena seluruh jalan keluar masuk harus melalui server maka Bandwidth Controller dapat memantau computer lain seperti melihat kemana saja computer tersebut terhubung, berapa banyak koneksi yang dilakukan atau berapa besar bandwidth yang digunakan oleh masing masing computer.

Bandwidth Controller secara mudah mengatur berapa kecepatan maksimum dari sebuah computer untuk mendownload atau upload secara realtime di setiap computer atau group computer. Baik sebuah computer atau group dapat dibatasi kecepatan mendownload atau upload melalui computer server.

Bandwidth Controller tidak memerlukan software tertentu pada computer client dan cukup dipasangkan pada computer server saja. Karena Bandwidth Controller mengatur dan menangkap semua packet data yang melewati ethernet card. Dengan cara demikian, maka seorang staff IT bisa saja mengurangi kecepatan internet dari dari satu buah computer tanpa campur tangan ke sipemiliknya. Cara ini akan bermanfaat bila didalam sebuah jaringan network terdapat seorang staf yang terlalu sibuk mendownload dan mengambil trafik data internet sehingga menganggu pekerja lain yang membutuhkan.

Silahkan saja coba download Bandwith Controler

54 Responses

  1. jgn cuman ctrl+c dan ctrl+v….doang..
    tulis juga cara setting nya….
    gw yakin gak bisa……

    • Namanya saja Informasi, Pasti bisa mas, dan saya sudah coba, di program tersebut ada cara settingnya, anda dapat mengklik file Help, dan bila mas ngerti bahasa Inggris pasti bisa mensettingnya, dan kalau semua dijabarkan atau di jelaskan dengan rinci, kapan kita dapat berkembang dengan kemampuan kita sendiri, dan posting saya ini hanya sekedar memberikan informasi, semoga maklum

      • mas.. bisa gk di server billing di gunakan Bandwidth Controller ini.. ?

    • goblok yang lo tanyaiinnn , ga sekolah apa……. dikasih informasi begitu……

      • nama ny juga informasi ………
        seberapa kita dapat informasi ya di syukurin ……….
        belum tentu juga yang protes bisa …….
        mukin hanya ngomong doang ……..
        mungkin bisa tapi buat nyombong doang …….

    • jgn cuman ctrl+c dan ctrl+v….doang..
      tulis juga cara setting nya….
      gw yakin gak bisa……

      =============================

      Nanomonai … orang kayak lo cuman bikin enek, mikir kalo ngomong, jangan bisanya cuma comment. payah loo

      • @Capungk, mohon di maafkan, saya telah salah mengirim email ke alamat email anda, mohon di abaikan saja email tersebut, tadinya akan ditujukan ke sahabat yang berkomentar paling atas

  2. [...] Fungsi dari Bandwith Controler dan mendownloadnya dapat anda lihat pada posting terdahulu Bandwith Controler [...]

  3. Hm . .Punya SN nya gak??

  4. Oke Banget Mas !!!

  5. hhmm..
    kira2 untuk penggunaan warnet…
    bandwithnya min harus berapa mega yah..
    terus kasih tutorialnya dund ke email saya untuk cara mensetting bandwith ..
    coz untuk memainkan game online juga..

    • Tidak masalah, berapa mega pun dapat dibagi Bandwithnya, dan cara untuk mensettingnya, Download saja petunjuknya pada link yang sudah diberikan

  6. bandwidth controller apa bisa untuk menggabungkan 2 line speedy ? terima kasih

    • Bandwith controler tidak bisa untuk menggabungkan 2 line speedy, tetapi fungsinya untuk membagi bandwith ke komputer yang menggunakan line tersebut, bila ada dua line speedy, berarti memiliki 2 IP adress sebagai gatway, dimana komputer client akan menerima jalur internet yang sesuai dengan IP gadway yang di setting di komputer client tersebut, di sini fungsi dari Bandwith controler adalah mengatur pemakaian bandwith internet ke komputer client tersebut

      • makasih mas dunkom atas reply nya,

        apakah bisa diartikan: kalo ingin menggabungkan 2 line speedy: harus menggunakan load balancing ?

        dan untuk membagi speed bandwidth: menggunakan bandwidth controller ?

        begitu kah ?

        kalau saya ingin menggabungkan 2 line speedy… lalu hasil penggabungan tadi ingin saya atur speed nya: maka saya gabungkan kedua2nya ya ?
        1. gabung dulu 2 line speedy nya dengan load balancing
        2. output dari load balancing: masukkan dulu ke server yang sudah jalan bandwidth controller nya ?
        3. output dari server (ber-bandwidth controller) baru masuk ke hub dengan speed yang sudah sama rata untuk semua client ?

        begitukah mas ? mohon dikoreksi, terima kasih

      • Tepat sekali, dengan begitu Komputer Client akan menerima satu Gatway dari 2 line speedy melalui hub yang telah di load balancing di server, sehingga software Bandwith controler akan membagikan bandwith ke client secara merata

      • ikut nanya neh Mas…..
        saya punya warnet game online ada 13Pc + server yg terinstal Billing. mas, klu mau instal Bandwidth Controller di Pc server yg terinstal billing dan bberapa aplikasi lain apakah bisa ?
        karna sy sempat dengar katanya klu mo bikin / install Bandwidth Controller harus ada tambahan Pc/Pentium3 kusus buat Bandwidth Controller.
        klu memang di server jg bs rencana sy mo beli LAN Card utk dipasang diserver yg sbelumnya sdah ada LAN Onboard utk jlur keluar masuk.
        mas.. klu dari Client masuk ke hup, hup masuk dr LAN out server, lalu server dimatikan apakah Client tetep msh bisa Conek ke internet ?
        mohon djelaskan mas agar bs d mengerti…..mksh bgt…..

      • Bisa di install di PC billing, dan benar anda harus menambahkan Lan card agar komputer anda berfungsi sebagai roter.

        Bila fasilitas internet dari Modem ADSL, kemudian dihubungkan ke Lan Card Onboard Server, kemudian Koneksi Lan Card Onboard di Bridge ke Lan Card tambahan, dari Lan Card tambahan di hubungkan ke Hub, dari Hub ke komputer client, bila komputer server dimatikan, maka PC Client tidak akan bisa konek ke Internet lagi karena Server sebagai proxi telah dimatikan

  7. sekalian nanya dunk..!klo pake 5pc terus speed qt 1mbps lalu qt pake bandwith controler apakah speednya 1mbps d bagi 5?kira kira per pc 200kbps.mohon di jawab.makasih

  8. klo kata saya masih lebih mudah pake DU super controller,cuma ribetnya mesti diinstal per clien aja x.pokoknya cara pakainya mudah bgt dah….selamat mencoba………….

  9. saya punya warnet di daerah jak-bar saya pk paket 1mb speedy utk 9 komp per cliet saya bagi 17kb.rata2x warnet saya bermain game online dan klo da yg brosing itu gk masalah gak pernah lag…….tadinya sebelum pasang DU super controller saya sering di complain sm customer…klo kurang ngerti telp no saya aja 92128094

  10. sama punya warnet 10 client, pake DU Super Controler seting per client 18,92 kb,lancar game OL ngak masalah, mantap bro..

  11. mas bisa kasih tutornya ngk ke email saya … thanks before.

    ” kok ada burungnya ya”

  12. om…salut deh ama om..Sekalian mo nanya nih om.. client di warnet saya keliatannya udah disetting bandwidthnya secara fix per client (udah dijatah per kompinya) oleh server diwarnet saya (gateway, program LINUX punya 2 LAN card). Masih bisa gak om, diatur lagi bandwidth per clientnya agar bandwidth dr kompi yg gak dipakai (kondisi mati) bisa dpakai untuk kompi yang nyala? Makasih ya om..

    • Kalau sudah diatur pembagian banwithnya, mau dipakai atau tidak tidak bisa di rubah lagi, bila anda rubah lagi misalkan anda memiliki 10 client komputer dengan speed 2 Mb = 2000 Kb maka pembagiannya 2000/10 = 200 Kbps
      Kalau ada 2 komputer client yang tidak digunakan, berarti anda harus merubah settingnya menjadi 2000/8

      • wah..om…cepet sekali ngebalesnya..hehehe..makasih ya om..tetap semangat. GBU

  13. bang … mau nanya neh….sy punya 14 klien…n saya mo bagi bandwith biar rata n kalau salah satu pc ga aktif maka jatah yg ga aktif dbagi ke yg aktif itu ada ga bang softwarenya….
    kapasitas bandwith yg sy pakai 3 mb lokal n 512 int….n semua CIR 1:1…soalnya biar kebagi rata antara yg browsing/downloading sama yg main game online…..
    gitu bang pertanyaan saya…soalnya slama ini saya bagian nyimak posting dr abang n temen” yg lain…biar ilmu sy tambah….makasih bang sebelumnya….

  14. saya dah coba setting su supercontroller

    punya warnet gak pakai server
    akses speedy 1MB tuk 6 komputer

    upload unlimited
    download 150 KB

    tapi game online Poinblank gak bisa loading
    ada yg bisa bantu setting

    thanks boss

    • Bagi dahulu speed 1 Mb untuk 6 komputer, kemudian anda mendapatkan besar bandwith untuk setiap komputer, nah tinggal anda masukkan ke setiap IP adress dari client computer tersebut

  15. RIbet” amat sih -_-! udah pake mikrotik aja kok ribet …sistem kerjanya juga mudah !!

  16. saya punya warnet gak pakai server
    akses speedy 1MB tuk 6 komputer

    saya dah coba setting su supercontroller sbb :

    upload unlimited
    download 150 KB

    game online xshoot, lost saga bisa loading
    tapi game online Poinblank gak bisa loading
    ada yg bisa bantu setting

    thanks boss

    ……
    thanks to dunkom, sarannya dah dilaksanakan .. tapi tetep point blank gak bisa loading

    1MB dibagi 6 ya kira-kira 150 KB, dah di cobain di 2 komputer.. trus pointblank gak loading deh.

    ayo dong bantu aku..

    • Wah kalau masalah Point blank, saya kurang tau, itu harus di setting di Opsi point blanknya, dan saya kebetulan tidak pernah memainkan game point blank jadi saya tidak punya gambaran cara mensettingnya

  17. aneh gan,bentrok ama billing client(billing Explorer) gan, minimize nya jadi ada dua,satu di taskbar satu nya di sistem tray,walaupun udah di kasih password,para user bisa ngebuka yang lengket di taskbar, ~_~

    klo ada saran bisa di share ya all,muhun bimbingan nya,
    klo boleh di kasih tau TS menggunakan Billing apa untuk warnet nya,thx before.

    • Apakah billing clientnya sudah menggunakan Bandwith Controler yang lain, kalau sudah pasti bentrok bila dipasang lagi Badwith Controller baru
      Kalau saya, Tidak punya warnet, tapi pernah menggunakan software ini untuk Internet Jaringan Perusahaan, dimana agar Komputer dapat menggunakan signal Interent merata, Karena Komputer Kantor (perusahaan) jadi tidak menggunakan Billing (alat penghitung) seperti warnet, dan hasilnya memang bisa digunakan untuk membagi bandwith
      Kalau susah mensetting bandwith, gunakan saja router yang sudah ada bandwith managernya
      Coba lihat disini http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=21

  18. mas dunkom yang terhormat, mana yang lebih baik antara software DU super controller dengan Bandwidth Controller ini di windows xp ? karena saya punya 8 client + 1 server billing, paket speedy 1Mb untuk game online khususnya lost saga…?
    mohon pencerahannya (khususnya pada perbedaan nya ya mas….)
    matur nuhun…..

    • DU Super Controler tapi softwarenya harus beli tidak gratis

      • terima kasih atas sarannya mas dunkom,… saya punya solusi dikit buat yang punya warnet campur (game online + browser jadi satu), begini :
        saya install du supercontroller dimasing-masing kompi klient kemudian atur bandwith pada download nya saja = 40 Kb / klient sedangkan uploadnya tetap unlimited…. (maaf…tidak sesuai dengan perhitungan agan-agan semuanya) sebab pertimbangannya hanya untuk mengurangi streaming seperti : maen youtube, facebook dan download), jadi yang maen game online tidak banyak terganggu, walaupun memang bandwithnya jadi berkurang sedikit…hehehe (tapi tidak langsung disconnect / masih bisa maen lah….)
        maaf ya… saya hanya mencoba saja dan di warnet saya berhasil… tidak ada kompline dari klient… mudah-mudahan ada yang tidak setuju dengan ini.. saya mohon maaf…

      • Kenapa harus minta maaf, kalau saran yang baik kan bisa di contoh orang lain, banyak alternatif yang dapat digunakan

  19. Mas, kalau sketsa nya begini (Speedy–>Modem–>Hub—>PC Client) tidak pakai server…Bagaimana bisa tidak pake software ini? atau memang Mesti harus ada 1 yg jd server. Terimakasih Mas atas bantuannya.

    • Harus ada satu komputer sebagai controlnya, dimana komputer terebut dipasang 2 lan card, kemudian lan card 1 di bridge ke lan card 2, dimana Speedy modem dihubungkan ke komputer pada Lan card 1, dan dari lan card 2 ke hub, dari hub ke PC Client, maka aplikasi ini dapat digunakan, karena komputer yang dipasang 2 lancard sudah menjadi router

      • salam kenal nih oom dunkom, dah lama nih baca coment semuanya , sekarang ikutan mau tanya apa bandwith controlernya juga harus di instal di pc klient instal nya pilihannya apa, trus yg untk pc billing server pilihan instal bandwith controlernya apa?…… mohon bantuan nya oom donkom dan pencerahannya,,, oh iya oom cara bridge lan onboard dan lan externalnya gimana caranya ya? terima kasih untuk waktunya buat baca koment aku oom

  20. g bisa di OS win 7 yah ?

  21. omm dunkom kok belom bales comment saya ya

  22. salam kenal nih oom dunkom, dah lama nih baca coment semuanya , sekarang ikutan mau tanya apa bandwith controlernya juga harus di instal di pc klient instal nya pilihannya apa, trus yg untk pc billing server pilihan instal bandwith controlernya apa?…… mohon bantuan nya oom donkom dan pencerahannya,,, oh iya oom cara bridge lan onboard dan lan externalnya gimana caranya ya? terima kasih untuk waktunya buat baca koment aku oom… saya sudah coba bgridge 2 lan nya tapi pas instal BCnya dan saya pi lih server package tapi kok ga ada aplikasinya ya instalah berhasil tapi ga shortcutnya dan aplikasinya

    • Tidak perlu diinstall di PC client, karena bukan merupakan remote, bila diinstall tidak ada shortcutnya, bisa dicari di folder program file yang ada di C, kemungkinan saat menginstall lupa mencentrang untuk membuat shortcutnya

  23. iya itu bagus, tapi buat sharing data jadi lemooodd

  24. om mimin perbandingan opsi hasil bandwith yang dikontrol oleh BC dengan DUSC lebih baik mana…??maksih moga2 dapat dimengerti pertanyaan saya

  25. DUSC emang bagus n ga kalah ma BC….namun dari seg efisiensi BC mengehemat waktu kerja para teknisi jaringan warnet….moga yang pake DUSC dapet memberi tutornya lebih jauh lagi,n untuk om admin dapet mebagi tutorial BC secara spesifik lagi…makasih agan2 n om mimin :)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 500 other followers

%d bloggers like this: