I/O Error pada perangkat dan Bagaimana Cara memperbaikinya?

Peralatan yang mengalami I/O error adalah kesalahan yang terjadi sebagai akibat penggunaan perangkat periferal seperti printer atau hard drive eksternal. I/O berarti input atau kesalahan output yang disebabkan oleh driver yang sudah usang atau belum diaktifkan.

Driver perangkat adalah komponen yang diperlukan untuk memungkinkan sistem Anda beroperasi untuk mengontrol dan berkomunikasi dengan perangkat periferal. Ketika perangkat I/O terjadi Kesalahan PC Anda tidak mampu untuk mengatur perangkat lunak yang diperlukan untuk mengkonfigurasi device driver dan mengoperasikan unit perifer.

Cara Perbaiki Peralatan yang I/O Error

Ada banyak faktor yang berbeda yang dapat menyebabkan Perangkat I/O error sehingga Anda dapat mulai menemukan masalah melalui beberapa langkah pemecahan masalah dasar. Hal terbaik adalah mulai dengan dasar-dasar untuk menyingkirkan beberapa masalah sebelum Anda melakukan metode yang lebih maju untuk memperbaiki kesalahan.

  1. Cari Perangkat: Untuk mencari perangkat yang menyebabkan kesalahan, klik pada “Start” pada toolbar utama dari desktop anda dan kemudian pilih “Control Panel” dari menu. Ketika Control Panel terbuka, pilih “Performance and Maintenance” dan pilih “System.” Ketika jendela terbuka pilih “Hardware” dan kemudian klik pada “Device Manager.” Cari perangkat yang memiliki “x” merah ditandai di atasnya. Klik pada tab “General” dan kemudian pilih “Enable Device” dan klik “OK.” Jika masih ada kesalahan lanjutkan untuk klik pada “General” dan kemudian pilih “Troubleshoot” dan klik “OK.”
  2. Update Driver: Jika masih ada kesalahan setelah Anda menjalankan troubleshooter, pilih tab Driver, lalu klik “Update Driver.” Setelah driver diperbarui melakukan tes.
  3. Periksa CD: Jika Anda masih mengalami masalah memeriksa CD untuk melihat apakah perlu pembersihan. Jika CD telah puing-puing di atasnya ini akan membuat Kesalahan I / O. Juga menguji CD pada komputer lain untuk memastikan tidak ada masalah dengan drive CD anda.
  4. Update Sistem Operasi: Pastikan update terbaru untuk sistem operasi Anda telah didownload karena update baru dapat membantu memecahkan masalah seperti kesalahan drive dan konflik lainnya.
  5. Periksa Koneksi: Periksa semua hubungan antara hard drive anda dan compact disk dan mencoba dan kemudian menghubungkan kembali melumpuhkan mereka. Kadang-kadang ini akan membantu untuk menghapus beberapa gangguan dalam koneksi.
  6. Periksa Website: Periksa website untuk produsen driver untuk melihat apakah mereka mendiskusikan konflik dan bagaimana mengatasinya. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi konflik Anda mungkin telah diabaikan selama proses pemecahan masalah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: