Apakah svchost.exe Dan untuk Apa Fungsinya?

Mengapa di komputer terdapat hampir proses yang berjalan dengan nama svchost.exe. Anda tidak dapat menghentikan proses tersebut, dan Anda tidak anda tidak akan tahu kapan prosesnya dimulai … jadi apakah svchost tersebut?

Menurut Microsoft: “svchost.exe adalah proses nama host generik untuk layanan yang berjalan dari perpustakaan dinamis-link”. Bisakah mengartikan system tersebut?

Beberapa waktu lalu, Microsoft mulai bergerak semua fungsi dari Windows internal yang terbagi dalam dll file bukan exe file. Dari perspektif pemrograman ini lebih masuk akal untuk usabilitas … tapi masalahnya adalah bahwa Anda tidak dapat meluncurkan filedll.  langsung dari Windows, itu harus dimasukkan dan dijalankan dengan executable (. Exe). Dengan demikian proses svchost.exe terbentuk.

Mengapa Ada beberapa svchost.exes Banyak bkerja?

Jika Anda pernah melihat bagian Layanan di Control panel Anda mungkin melihat bahwa terdapat Banyak service yang dibutuhkan oleh Windows. Jika setiap service tunggal beekerja di bawah contoh svchost.exe tunggal, kegagalan dalam satu system mungkin mengakibatksn semua sytem Windows gagal bekerja, sehingga mereka dipisahkan.

Service tersebut diatur ke dalam kelompok logis, dan kemudian contoh svchost.exe tunggal diciptakan untuk setiap kelompok. Misalnya, satu contoh svchost.exe menjalankan 3 Service yang berhubungan dengan firewall. Contoh lain svchost.exe bisa menjalankan semua Service yang berkaitan dengan antarmuka pengguna, dan sebagainya.

Jadi, Apa yang Harus Dilakukan mengenai Ini?

Anda dapat memotong ke layanan yang tidak diperlukan dengan menonaktifkan atau menghentikan Service yang tidak mutlak harus dijalankan. Selain itu, jika Anda melihat penggunaan CPU sangat berat pada svchost.exe sebagai contoh Anda dapat me-restart service yang sedang berjalan.

Masalah terbesar adalah mengidentifikasi Service apa saja yang sedang dijalankan pada contoh svchost.exe tertentu, kita akan membahas hal tersebut di bawah ini.

Jika Anda ingin tahu apa yang sedang kita bahas, buka Task Manager dengan cara Tekan tombol Ctrl+Alt+Del bersamaan kemudian klik menu Process dan memeriksa “Tampilkan proses dari semua pengguna” kotak: Lihat gambar dibawah

Memeriksa Dari Command Line (Vista atau XP Pro)

Jika Anda ingin melihat layanan apa saja yang menjadi host oleh svchost.exe contoh tertentu, Anda dapat menggunakan perintah tasklist dari command prompt untuk melihat daftar layanan.
caranya klik Start=>Run=> kemudian ketik perintah cmd, setelah berada di command dos pada promt ketik CD\ kemudian pada C promt ketik tasklist /SVC (C:\tasklist /SVC) Lihat gambar

Masalah dengan menggunakan metode garis perintah adalah bahwa Anda tidak perlu tahu apa nama-nama samar yang terlihat.

Memeriksa di Task Manager di Windows Vista

Untuk memeriksa Task Manager fasilitas ini tidak dapat dilakukan pada Windows Xp, Tapi anda dapat menggunakan sebuah utility yang bernama Process Explorer yang akan dibahas di bawah. Anda dapat klik kanan pada proses svchost.exe tertentu, dan kemudian memilih “Go to Service”.

Ini akan menuju ke tab Services, di mana layanan yang berjalan di bawah proses svchost.exe akan dipilih. Dengan cara ini Anda dapat melihat nama asli di bawah kolom Keterangan, sehingga Anda dapat memilih untuk menonaktifkan layanan tersebut jika Anda tidak ingin dioperasikan.

Menggunakan Proses Explorer di Vista atau XP

Anda dapat menggunakan utilitas yang sangat baik sperti Proses Explorer dari Microsoft / Sysinternals untuk melihat layanan apa saja yang berjalan sebagai bagian dari proses svchost.exe.

Menggunakan mouse Anda salah satu proses akan menampilkan daftar popup dari semua layanan:

Atau Anda dapat mengklik dua kali pada contoh svchost.exe dan pilih tab Services, di mana Anda dapat memilih untuk menghentikan salah satu layanan jika Anda pilih.

6 Responses

  1. kenapa svchost.exe ini terdetek sebagai virus oleh avira? karena kekurangtahuan saya soal ini maka saya pilih quarantine, lalu apa yang harus saya lakukan setelah di quarantine karena nggak ada pilihan restore, mohon pencerahanya terimakasih.

    • SVCShot kedetek sebagai virus, karena virus menginfeksi system svchost tersebut, bila di karantina biasanya ada folder tempat file tersebut, terletak di my document atau di folder document and setting, dapat anda restore kembali. bila Svcshot di hapus maka kerja system tidak stabil, anda dapat menghapus virus yang menyerang svcshot tanpa mendelete filenya, gunakan antivirus Norton 2011, atau kasperskey 2011, kalau avira free memang akan mendelete atau mengkarantina semua file yang terdeteksi

      • terimakasih, penjelasanya sangat membantu saya, maklum gan baru belajar.

  2. kalau ada tulisan “svchost.exe has stopped working”. maksudnya apa?
    tampilan ini pasti ada kalau saya baru membuka laptop.
    dampaknya gimana? apakah buruk apa biasa-biasa aja ini?
    mohon pencerahannya gan.

    • Ada beberap service yang dijalankan oleh svchost.exe, kalau dilihat dari task manager, akan tampil beberapa buah svchost yang bekerja, kalau salah satunya tidak bekerja kemungkinan layanan dari aplikasi yang sedang bekerja tidak dapat dilakukan
      kalau sytem masih bekerja dengan normal tidak masalah

  3. saya mau tanya, beberapa hari yang lalu saya lupa membuka web apa, terus setelah berapa lama tiba2 ada suara iklan/seperti suara tv yang sedang diputar padahal saya tidak sedang membuka browser atau apapun, saya coba buka task manager disitu ada svchost yang aktif, suara itu bisa hilang jika saya menghentikan prosesnya,, tapi sekitar berapa lama muncul lagi, dan sampai sekarang belum bisa berhenti, saya harus gimana ya agar suaranya hilang?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: