Sharing Internet Dari USB Modem Dengan Router Ke Komputer Lain

Jaman sekarang semakin berkembang, fasilitas internet dapat diakses melalui USB Modem berbentuk seperti flashdisk. Dengan Modem ini tidak perlu kita menggunakan kabel UTP dan dapat di pasang dikomputer manapun kita ingin ber internet.

Dengan USB Modem ini kita juga dapat berbagi dengan komputer lain untuk dapat sharing internet, melalui Router. Disini akan saya jelaskan bagaimana cara membagi (Sharing) Internet ke komputer lain melalui Router.

Mengapa menggunakan Router ?

Untuk sharing Internet sederhana cukup dengan menggunakan hub saja, tapi bila dengan router anda dapat membagi internet ke komputer lain melalui wireless (Semacam Hostpot kecil di rumah), kalau hanya dengan hub, anda perlu melakukan sambungan kabel UTP dari komputer ke hub dan dari hub ke Komputer lainnya.

Baiklah kita mulai saja

Setelah anda persiapkan segala peralatan dan software, dan USB modem telah bekerja di komputer anda dan bisa akses ke internet anda dapat mulai melakukan langkah berikut dibawah :

Mensetting Koneksi baru

  1. Putuskan Hubungan Internet (Tapi USB Modem Jangan di cabut dari USB Portnya)
  2. Buat Koneksi baru caranya klik Start, kemudian klik Accesories, lalu klik Comunication dan selanjutnya klik New Conection Wizard.
  3. Bila muncul Jendela baru klik Next.
  4. Centrang pilihan Conect to the Internet, lalu klik Next
  5. Centrang pilihan Set up my connection manually lalu klik Next
  6. Selanjutnya Centrang pilihan Connect using a dial-up modem lalu klik Next
  7. Masukkan ISP Name (Contohnya : Smart, flexy, IM2 dll) kita gunakan semagai contoh koneksi Smart, kemudian klik Next
  8. Masukkan Phone Number (Sesuai dengan phone number untuk internet dari operator contohnya untuk smart #777) lalu klik Next
  9. Masukkan User name, pasword, dan confirm pasword (Sesuai dengan user name dan pasword yang diberikan oleh operator, contohnya untuk Smart, usernamenya : smart, dan paswordnya smart) lalu klik Next.
  10. Centrang pilihan Add a shortcut to this connection to my desktop, untuk menampilkan icon koneksi internet anda ke desktop, lalu klik Finish

Mensetting Sharing Komputer

  1. Klik 2x ikon koneksi internet Smart yang ada di desktop
  2. Setelah muncul jendela Connect Smart, klik tombol Properties
  3. Lalu klik tombol tab Advanced
  4. Centrang pilihan “Allow Other network user to connect through this computer….“, kemudian klik Ok
  5. Akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa bila koneksi internet di eable, maka lan card anda di set ke IP adress yang diberikannya sebagai contoh 192.168.0.1, klik Yes
  6. Cek Lan card anda dengan cara klik kanan My Network Paces, kemudian klik properties, lalu klik 2x icon Local area Conection, kemudian pilih Internet Protocol(TCP/IP) kemudian klik properties, Maka IP lan card anda akan tampil sesuai dengan yang diberikan oleh Usb Modem Smart tadi.
  7. Sampai disini sharing antara USB modem ke Lan card anda telah berhasil di setting.

Mensetting Router

Setelah sharing antara USB Modem dengan Lan card telah selesai, hubungkan komputer anda melalui Lan card port ke Lan Port Router
Selanjutnya lakukan langkah berikut ini

  1. Hidupkan power Router anda
  2. Buka Mozilla firefox atau internet Explorer
  3. Ketikkan Ip adress Router  pada  Adress bar browser anda, lalu tekan Enter (Bila anda membeli router maka anda akan diberikan IP adress agar dapat konek antara PC dengan router untuk setting)
  4. Masukkan User Name dan Pasword (Sesuai dengan pasword standard user name dan Pasword router saat anda membeli biasanya user name dan paswordnya admin)
  5. Setelah anda masuk ke menu Router, Setting Gatway Router dengan IP adress Lan Card Computer seperti contoh diatas 192.168.0.1.
  6. Kemudian Setting IP adress Router 192.168.0.2
  7. Lalu setting Router meng enablekan Wireless.

Selesai sudah setting router, komputer lain akan dapat konek ke internet pada saat anda mengklik tombol Dial pada koneksi Smart, Agar komputer lain dapat koneksi ke Internet, anda dapat mensetting dengan konfigurasi IP statik, ata dengan IP adress selanjutnya dari IP adress Router yaitu 192.168.0.3 dst serta Gatway 192.168.0.1

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

32 Responses

  1. wahh, nice info..
    saya sudah pake usb modem smart, n speednya lumayan bangett..

  2. [...] signal Internet melalui Modem USB atau HP, maka di PC server (Baca cara Setting Sharing INternet Melalui USB Modem ) disetting Share [...]

  3. saya coba d windwos 7, dan mengikuti langkah” yg di buat kenapa tidak bisa” ya???,… mohon bantuannya ^_^

    • Biasanya bila Usb Modem pasti ada software langsung untuk conek ke internet, jangan gunakan itu, anda harus buat New conection dialup modem, agar tampil icon network windowsnya di icon try, kalau dengan software USB modem tidak akan tampil
      Caranya klik start-> accessories -> Comunication lalu klik New conection wizart, kemudian klik Conect to Internet dan pilih setting secara manual, ikuti langkah selanjutnya
      Setelah berhasil buka network properties nanti ikuti langkah panduan posting ini

  4. thanks bos……atas infonya…saya pengen nyoba nih…cuma saya mau pake kabel UTP soalnya mahal wireles wifi.
    kebetulan saya dah punya router linksys hub juga udah ada.siapa tau bisa jadi lumayankan bisa buka warnet dihutan…..hehehehehehe….nuhun bos….

  5. lebih enak pke kabel soalnya sampai sekarang router 3g masih cukup mahal :)

  6. Mantab bro,..
    usb modemku ta sahre dikantor mlejit abis..

  7. serius ini bisa.. coz ane punya modem usb.. dan ane emang rencana mo beli router.. tepatnya di jakartanotebook.. disana jual “Linksys WRT54GC Compact Wireless-G Broadband Router” tp aku nanya ma org jaknot katanya gak bisa.. gak ngerti dah.. secara logika aku sih bisa.. toh.. portline router tsb RJ-45 smua.. mohon petunjuk mastah.. biar ane gak bingung.. klo gak bisa ane gak akan beli.. klo bisa ane mo beli..

    dan satu lagi, alesan ane mo share pake router biar blackberry bis konek wifinya.. klo ad hoc kan blackberry gak bisa detek.. brarti klo router dah pasti bisa kan blackberry konek ke wifi..

    thx before..

  8. Om kalo pake provider Firstmedia bisa nggak? kalo bisa caranya gimana?

  9. untuk kabel UTP yg dari kompie.. masuk ya ke port WAN/LAN, di wireless router nya Gan?.trus klo pake DHCP isa gak?

  10. kalo share antar 2 laptop tapi koneksinya pake usb bukan kabel lan biasa bs gk? HP mini yg sekarang kan gak da port rj 45 nya gan, cuma USB ja. mohon bantuannya gan, tks

    • Bisa tapi kabel usbnya khusus, nama kabelnya adalah USB 2.0 Netlink Cable yang berfungsi untuk menghubungkan 2 komputer melalui port USB yang membentuk jaringan network antar komputer sehingga dapat saling bertukar data ataupun sharing koneksi internet ataupun sharing perangkat lainnya, seperti printer, scanner,dll. Dengan kecepatan transfer 480MB/detik.
      Selain dapat menghubungkan antar dua komputer, dengan bantuan alat USB HUB, alat ini dapat membentuk jaringan antar beberapa komputer.

  11. Mas kl kita pake nya modem telpon ceria bisa dishare nggak ya’
    Mohon bantuannya? thanks

    • Bisa, gunakan ADSL modem untuk sharing Internet
      Telepon Ceria –> ADSL Modem – Hub –> Komputer

      Sama seperti sharing internet dengan speedy

      • mas telpn ceriaku kn udh sekalian jadi modem tu….
        trus apakah modem ADSL spedy bisa saya pakai untuk menshare koneksi mas?

      • Maksudnya telpon Ceria share Internet bersama ADSL Speedy ke komputer client, bisa saja, anda tinggal tambah satu lan card untuk output dari Telpon ceria ke client computer

  12. Mas, sy punya 2 komputer yg terhubung dg coss link cable (tdk pake router), komputer yg pertama ada usb modem CE100, dan sdh sy set seperti diatas, tp komputer satunya masih tdk bisa konek ke internet, utk LANnya normal, Apa ada yg salah? dan bagaimana pula settingan utk clientnya?

  13. terimakasih tutorialnya :)
    saya bingung sedikit pada bagian setting wireless router. Sepertinya IP komputernya harus diganti lagi agar sejaringan dengan wireless router sehingga bisa masuk ke setting WR (via browser)).

    Tapi sepengetahuan saya jika IP sudah terganti otomatis oleh proses inet sharing gitu, IP nya tidak bisa diganti secara manual (bisa dipaksakan, tapi akan menjadi duplicate, dan prefernya tetap ke IP oleh inet sharing tadi).

    Jadi harus matikan internet sharing, ganti IP komputer agar sejaringan dengan WR, barulah bisa masuk setting Wireless Router. Gitu kan ya?

    • Kalau dari Modem USB, fasilitas Internet operator selular (HP), IP adressnya menggunakan DHCP (tidak bisa diganti IP adress secara manual), sebenarnya tidak masalah,
      1. Dikomputer yang di hubungkan Modem, setting Ip adressnya dengan Pilihan Use following IP adress (sistem DHCP)
      2. Aktifkan Internet Network sharing pada tab Advanced
      3. Anda akan diberikan IP adress baru untuk Lan card anda, contohnya 192.168.1.0
      4. Dari lan card anda setting IP adress komputer anda 192.168.1.0 (tanpa gateway di setting) karena lan card anda sudah bertindak sebagai router)
      5. Hubungkan lan card anda ke router wireless. kemudian setting IP adress router anda 192.168.1.1 dengan gateway 192.168.1.0
      6. Setelah itu komputer lain yang ingin sharing internet dengan anda harus disetting dengan IP mulai dari 192.168.1.2 dst dengan gateway 192.168.1.0

  14. modem saya 4g wimax..bisa gak ya..
    mohon bantuannya yahh.
    tq.

    • Bisa, setelah dikomputer anda terhubung ke Internet, lakukan langkah seperti pada posting ini

      • mas, ikut nimbrung nih, kalau di host XP, dipasang 2 atau lebih modem usb, bisa ngak ?

        kalau bisa, apa bandwidth total koneksi internetnya sama dengan penjumlahan dari masing2 bandwidth modem usb nya ?

        apa modem usb yg dipakai bisa gabungan dari modem gsm dan cdma ?

        cara setting hostnya gimana mas ?

        terima kasih banyak sebelumnya, keren banget blog nya mas, smoga sukses selalu. Amin.

      • walau dipasang 2 modem sekaligus di komputer, tidak menjadi bertambah bandwithnya, tetap system brows akan terhubung ke salah satu modem yang kerjanya dan bandwith speednya lebih cepat dan lebih stabil, jadi tidak bisa digunakan dua-duanya

  15. mas saya punya router tp-link seri TL-WR841N
    yang ingin saya tanyakan apakah dengan alat itu saya bisa share internet dari modem smart ke perangkat lain melalui wifi? kenapa ketika alat itu saya instal tidak bisa, harus meminta sambungan dari modem adsl

    • Karena input router itu adalah LAN bukan USB, kalau anda mau share dari modem anda ke router tersebut
      1. Hubungkan laptop anda ke router dengan kabel lan cross
      2. Kemudian klik kanan network smartfren anda lalu klik sharing tab, kemudian centrang kotak Allow other network user ………, nanti akan diberikan IP adress ternetu

  16. mas apakah bisa 2 modem usb digabung dalam jaringan, spy jika salah satu modem disconec satunya bisa back up, gimana caranya ….trima kasih sebelumnya……….vandra

    • Bisa, caranya biasa saja, install driver dan pasang kedua modem tersebut ke komputer, kemudian klik connect kedua-duanya, atau setting di Internet Option di bagian Conncton, setiap network modem di set ke Dial Whenever a network connection is not present, jadi bila anda buka brows anda dan searcing ke website, akan dial otomatis menggunakan modem yang speednya lebih tinggi, dan bila sebuah modem drop maka akan otomatis di ganti ke modem yang lainnya

      tapi jangan lupa, di aplikasi modem anda di set automatic dial

  17. met pagi om, nyambung dengan yang tadi, 2modem usb udah tak gabung di pc 1 dan berhasil, trus gimana caranya dari pc 1 bisa disharing ke pc2, pc3, trims sbselumnya

  18. […] signal Internet melalui Modem USB atau HP, maka di PC server (Baca cara Setting Sharing INternet Melalui USB Modem ) disetting Share […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 506 other followers

%d bloggers like this: