Apa yang dimaksud dengan Jaringan WiFi dan Bagaimana Cara Setup

Di sini Anda akan di terangkan bagaimana cara setup jaringan wifi, bagaimana nirkabel bekerja, keamanan hotspot, server VPN. Wi-Fi atau wireless fidelity agar kita semua dapat menggunakan semua jenis jaringan 802,11, apakah 802.11, 802.11a dan dual band. Setiap produk yang diuji dan disetujui sebagai Wi-Fi bersertifikat oleh aliansi Wi-Fi yang interoperable satu sama lain.

Biasanya, setiap produk WiFi menggunakan frekwensi radio yang sama dan akan bekerja satu sama lain bahkan jika Wi-Fi tersebut tidak bersertifikat. Sebelumnya istilah Wi-Fi hanya digunakan pada frekwensi 2,4 GHz 802.11b standar di Ethernet dengan cara yang sama digunakan.

Wi-fi wireless fidelity pendek mengacu pada seperangkat teknologi jaringan nirkabel dan lebih khusus disebut sebagai 802,11 pada semua jenis jaringan, 802.11b dan 802.11a dan dual band. Kata Wi-Fi dibangun oleh sebuah organisasi ternama sebagai aliansi Wi-Fi. Sebuah produk yang mengalami analisis Wi-Fi aliansi diberi nama Wi-Fi bersertifikat.

Wi-Fi sangat cepat terkenal di Amerika Serikat dengan titik akses. Perangkat ini diuji oleh “Wi-Fi aliansi” digunakan di seluruh dunia dan memungkinkan pengguna untuk memiliki perangkat Wi-Fi seperti PDA atau Laptop untuk menghubungkan peralatan yang menyediakan jalur akses Wi-Fi. Saat ini ada tiga standar yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan koneksi. Baik 802.11a dan 802.11b adalah 54 Mbps dimana 802.11a fitur tambahan. Standar yang paling umum adalah 802.11b/second karena dapat mengirimkan data pada kecepatan 11 Mbps.

Semua koneksi Wi-Fi yang cukup cepat memungkinkan untuk koneksi internet broadband. Wireless Fidelity adalah teknologi nirkabel yang tumbuh paling cepat yang mungkin akan sama umumnya seperti saluran telepon dan perangkat listrik. Wi-Fi menambahkan tingkat kenyamanan dan tingkat produksi yang tinggi.

Wireless Fidelity direncanakan akan digunakan seperti perangkat nirkabel tetapi paling sering digunakan untuk akses internet. Dengan Wi-Fi Anda dapat menghubungkan komputer di rumah Anda, kantor atau di mana saja tanpa perlu kabel. Komputer hanya dapat terhubung ke jaringan yang menggunakan gelombang radio.

Bagaimana Wi-Fi Bekerja?

Wi-Fi adalah teknologi nirkabel untuk menangani jaringan / komunikasi. Wi-Fi mengalokasikan koneksi internet global dan salurkan melalui gelombang radio. gelombang Radio adalah akses utama dari Wi-Fi. gelombang radio yang ditransmisikan dari antena dan Wi-Fi akan di tangkap penerima. Bila pengguna menerima sinyal Wi-Fi, koneksi internet nirkabel diproduksi dan pengguna yang diminta untuk memberikan nama dan password yang diperlukan untuk membuat sambungan nirkabel.

Bagaimana Keamanan Wi-Fi?

Wi-Fi akan menjaga keamanan tertentu. WEP atau Wired Equivalent Privacy digunakan dalam lapisan data fisik dan link. Ini dikhususkan untuk menyediakan keamanan nirkabel dengan melindungi data, sementara mengirimkan dari satu titik ke titik lain. Wi-Fi jaringan biasanya dilindungi di dalam bangunan gedung. Transmisi data dalam Wi-Fi dilindungi oleh Wireless LAN namun karena fakta bahwa data yang dikirimkan melalui gelombang radio sehingga ada kemungkinan data dapat terbuka dan ditangkap pengguna lain.

Bagaimana Cara mengamankan jaringan WiFi?

Bila Anda membeli router nirkabel akan diberikan CD Instalasi oleh vendor, CD akan membimbing Anda melalui bantuan tentang pengaturan router. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda lakukan untuk setting keamanan di router tanpa menggunakan aplikasi perangkat lunak lainnya :

  1. Buka brows baru
  2. Pada brows Anda ketik alamat IP dari router di kotak alamat browser Anda. Langkah ini anda akan masuk ke system menu pengelolaan router. Karena vendor yang berbeda, pada buku panduan akan diberikan nomor IP router biasanya umum digunakan IP 192.168.0.1 dengan Suser Name “admin” dan Pasword “admin”
  3. Aktifkan keamanan Wireless. Untuk mengaktifkannya lihat pada tab wireless security. Langkah ini perlu Anda menggunakan WPA atau WPA-PSK dan ini akan sesuai jika perangkat pada jaringan Anda mendukungnya. Jika tidak, Anda mensettingnya WEP 128-bit. Untuk WPA atau WPA-PSK, Anda harus menggunakan jenis frase / kata sandi dalam secarik kertas dan transfer ke thumb drive sehingga Anda dapat mengatur password dalam mesin klien.
  4. Ubah SSID Anda. Anda tidak harus mengubah SSID ini bisa menggunakan default SSID, biasanya mereka yang tidak mengkonfigurasi SSID akan memiliki nama router mereka seperti “linksys”, “Belkin”, “Teknis” dll Cobalah mengubah dengan nama seseorang atau perusahaan anda, yang akan menjadi pengenal bagi mereka untuk terhubung dengan Wireles.Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan nama SSID ini bila Anda mengakses jaringan dari mesin klien Anda. Anda dapat menemukan pengaturan ini pada bagian Channel atau SSID.
  5. Simpan konfigurasi dan pengaturan dengan mengklik tombol Save setting atau tombol simpan pengaturan. Anda akan harus menyimpan setiap perubahan yang akan Anda buat untuk router agar dapat berlaku dan Anda harus mereboot router Anda beberapa kali.

Wi-Fi Hotspot Security: Menggunakan VPNs

Ada banyak masalah keamanan dari penggunaan jaringan nirkabel publik tetapi semua dapat diatasi. Salah satu solusi untuk pengguna, sebagai dasar keamanan Wi-Fi Hotspot, adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk mengamankan lalu lintas real time dari Wi-Fi hot spot pengguna. Banyak perusahaan kecil dan besar menyediakan karyawan mereka dengan akses VPN.

Meskipun akses ini biasanya dimasukkan untuk karyawan agar memiliki akses remote kepada jaringan perusahaan dalam rangka untuk mengakses file dan dokumen dari jarak jauh. Jika Anda tidak memiliki akses ke server VPN maka anda tidak akan dapat terhubung ke Wi-Fi. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengakses file dari kantor anda serta perangkat lain seperti kamera video Wi-Fi untuk mengawasi jaringan dari jarak jauh.

Bila menggunakan perangkat lunak berbasis VPN fitur server di Windows XP Pro, PC menjalankan server harus selalu hidup untuk mengakses jaringan dari hotspot Wi-Fi. VPN router dikenakan biaya sekitar dari $ 70 sampai $ 130 dan dengan yang populer adalah Linksys, WRV200, dan WRV5G.

2 Responses

  1. [...] Komputer dengan WIFI Hub Switch, bila anda menggunakan USB Modem dimana Ethernet card anda berfungsi sebagai Router. Cara membuat kabel Cross lihat di artikel Fungsi Dan Cara Membuat Sambungan Kabel Stright dan Cross pada jaringan. Dan lebih jelasnya tentang jaringan Wifi dan cara mensettingnya Baca artikel Apa yang dimaksud dengan Jaringan WiFi dan Bagaimana Cara Setup [...]

  2. […] Komputer dengan WIFI Hub Switch, bila anda menggunakan USB Modem dimana Ethernet card anda berfungsi sebagai Router. Cara membuat kabel Cross lihat di artikel Fungsi Dan Cara Membuat Sambungan Kabel Stright dan Cross pada jaringan. Dan lebih jelasnya tentang jaringan Wifi dan cara mensettingnya Baca artikel Apa yang dimaksud dengan Jaringan WiFi dan Bagaimana Cara Setup […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 497 other followers

%d bloggers like this: