Pengertian Istilah PHP, MySql, CSS, HTML dan XML

PHP MySql

Pengertian PHP PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak.

Pengertian di atas dengan jelas menggambarkan definisi dari PHP. Namun akan lebih mudah dipahami jika sebutakan beberapa kemampuan atau kelebihan yang dimiliki PHP. Berikut ini adalah beberapa kelebihan PHP yang diucapkan pengembang … Install juga server database MySQL. tentu saja anda tidak boleh lupa menginstall PHP dan library koneksi PHP – MySQL. Paket software yang murah di install adalah phpTriad, WAMP, XAMPP yang berisi software yang diperlukan mencakup Apache

MySql Adalah program data base yang dibutuhkan oleh PHP, dimana file web yang akan ditampilkan seperti data2 pengunjung dan data web anda akan disimpan pada database.

CSS (Cascading Style Sheet)

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan. kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.

Jika anda memiliki beberapa halaman website dimana anda menggunakan font arial untuk tulisannya, lalu suatu hari anda bosan dengan arial dan ingin mengganti ke trebuchet, anda harus merubah satu per satu halaman website anda dan merubah tipe font dari arial menjadi trebuchet.

Singkatnya dengan CSS anda dapat merubah fon, Warna background serta besar kecilnya huruf atau fon dll dari halaman Web atau HTML.

HTML (Hyper Text MarkUp Language)

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa dari World Wide Web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser.

Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan menggunakan format HTML. Beberapa orang merasa keberatan jika dikatakan HTML adalah sebuah bahasa pemrograman karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak memiliki ‘looping’ seperti bahasa pemrograman lain.
Pada HTML dipergunakan hypertext link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah.

XML (eXtensible Markup Language)

XML kependekan dari eXtensible Markup Language, dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tapi merupakan turunan dari SGML yang telah dikembangkan pada awal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis proyek-proyek berskala besar. Ketika HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting pada SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan markup language yang tidak kalah hebatnya dengan SGML

Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>’), tag penutup(diawali dengan ‘</ ‘diakhiri ‘>’) dan atribut elemen(parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML kita bisa menggunakan tag dan atribut sesuai kehendak kita. Untuk lebih jelasnya lihat contah dibawah:
<pesan>
<dari>MIS Manager</dari>
<buat>HRD Manager</buat>
<buat>Bagian rekrut</buat>
<buat>Computer Suport team</buat>
<subyek>Permohonan Tenaga kerja baru</subyek>
<isi>Mohon diberikan tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan di Departemen MIS</isi>
</pesan>

XML untuk saat ini bukan merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Kalau HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraph, table dan lain sebagainya.

Sama dengan HTML, File XML berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya. XML lebih fleksible dibanding HTML dalam hal kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML kita bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.
Kelebihan lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix, atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke handphone dengan teknologi WAP.

Untuk Penjelasan yang lebih terperinci dan jelas klik Disini

5 Responses

  1. artikel nya sangat membatu saya untuk memahami istilah-istilah komputer. trims teman

  2. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas untuk jawaban yang sangat membantu di :cara-membagi-bandwidth-client-komputer-tanpa-software/ dunkom, on 21/08/2011 at 12:52 pm. sekarang sy ada masalah lagi mas, saya sedang install e-puskesmas (http://www.e-puskesmas.com) dimana saya harus menginstall mysql-connector-odbc-5.1.5-win32.msi terlebih dahulu (tanpa masalah) lalu sy install E-PUSKESMAS SERVER.EXE. pada saat menjalankan aplikasi e-puskesmasnya ada pesan (Mysql)(ODBC 5.1 Drivers) Can’t connect to my sql
    server on ‘localhost’ (10061) error number 2147467259
    silahkan setting konfigurasi/nyalakan my sql ……kenapa ya mas ???? mohon bantuannya ya mas…..sy sudah hubungi tim supportnya tapi belum dapat jawaban yang menyelesaikan masalah, padahal sudah semua panduan tim support sy ikuti seperti membuat user priviliges di localhostnya………..tolong ya mas…..

    • Apa ODBC 5.1 Drivers dari hostingnya sudah di install di server hosting, yang menyediakan SQL server dari anda apa dari hostingnya?

  3. makasih Brotha, tambah referensi tambah ilmu :D

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 499 other followers

%d bloggers like this: