Membuat Restore/Recovery Disk dan Partisi

Kali ini saya akan membahas cara membuat sebuah system restore/Rcovery system windows pada CD/DVD atau partisi hardisk, seperti yang sering anda lihat pada laptop baru dimana akan disimpan di sebuah partisi hardisk yang tersembunyi sistem restor windows atau OS originalnya, sehinga suatu saat bila sistem crass dapat di kembalikan ke semula

Data Recovery

  • Recover files dari hardisk
  • Sebuah hard drive khusus dapat dipindai untuk untuk memperbaiki system dalam beberapa menit.
  • Recover non-destructive, read-only files
  • Batch file recovery (recover baanyak files dalam sekali kerja).
  • Memperbaiki bad sector pada area disk.

Ketika Anda membeli komputer baru Anda biasanya akan mendapatkan beberapa jenis data restore / disc pemulihan. Ini digunakan untuk memulihkan sistem operasi dan perangkat lunak kembali ke kondisi pabrik sehingga PC anda akan berjalan seperti semula. Hal ini biasanya dilakukan dengan menyimpan sebuah Image file disebuah partisi dimana OS & program diinstal. Image file akan disimpan ke file tunggal atau dibagi menjadi satu set file terentang dengan ukuran total file melebihi 4GB FAT32. Panduan ini akan menjelaskan berbagai cara untuk membuat restore disk yang Anda dapat menyesuaikan dan tweak dengan kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan Symantec Norton Ghost dapat digunakan pada hampir setiap komputer termasuk yang khusus dibangun atau yang menjalankan Linux. Dua metode utama untuk melakukan hal ini adalah menyimpan image file pada hard disk atau pada disk recordable. Keuntungan dari menyimpan image file ke hard disk adalah lebih cepat dan fleksibilitas untuk menimpa Image file. Sangat berguna jika Anda sering membuat perubahan pada image file Anda. Ghost memiliki pilihan untuk membakar gambar langsung ke CD atau DVD. Kelemahannya adalah bahwa ia memerlukan pengguna untuk menggunakan bootable disket bersama dengan disk. Tutorial ini akan mengambil satu langkah lebih jauh dan menghilangkan kebutuhan untuk Dari disket bootable.

Diperlukan Tools dan Setup Data Recovery

Contoh dari tutorial ini adalah dari mesin Windows XP. Perangkat lunak yang digunakan adalah Nero 6 Ultra Edition. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows yang berbeda atau program burn yang berbeda maka petunjuknya akan berbeda sedikit, tetapi proses masih sama.

untuk itu diperlukan

  1. Windows Millennium startup disket  atau Ghost boot disk
  2. program CD atau DVD burning mampu membuat disk bootable seperti Nero atau Roxio.
  3. CD atau DVD burner
  4. BIOS mampu booting dari CD atau DVD

Membuat image Ghost

Bagian ini mengasumsikan Anda tahu bagaimana menggunakan versi home atau bisnis dari Symantec Norton Ghost. Buat partisi image file (partisi untuk image file). Pilih partisi untuk diinstall program OS. Gost tidak menggunakan abjad dari fungsi DOS drive. System Ghost menggunakan fungsi numerik dalam bentuk number1: number2. nomor pertama adalah drive. Angka kedua adalah partisi di dalam drive tersebut. Jika Anda tidak tahu apa artinya ini anda dapat melihat ukuran dan label volume partisi hardisk yang Anda miliki. Buat catatan dari apa yang tertulis di layar menu yang terakhir. Apa yang perlu anda ketahui adalah sumber & lokasi tujuan. Akan ditampilkan di bagian paling bawah layar. 1:2\ghost\winxp.gho, biasanya image file akan ditulis ke file bernama winxp.gho di dalam folder bernama ghost di drive D: Jadi 1:1 biasanya akan drive C: partisi sumber khas dimana OS dan program dilnstall.

3 Responses

  1. […] Membuat Restore/Recovery Disk dan Partisi […]

  2. […] Kali ini saya akan membahas cara membuat sebuah system restore/Rcovery system windows pada CD/DVD atau partisi hardisk, seperti yang sering anda lihat pada laptop baru dimana akan disimpan di sebuah partisi hardisk yang tersembunyi sistem restor windows atau OS originalnya, sehinga suatu saat bila sistem crass dapat di kembalikan ke semula Read more » […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: