Pengertian dan pilihan Setting Memory Dump

Mungkin saat mengoperasikan komputer anda pernah mendapatkan pesan kesalahan berupa memory dump, dimana proses kerja komputer berhenti. Apakah itu memory dump dan bagaimana cara mengatasinya?. Disini akan di paparkan masalah kesalahan memory dump

Anda dapat mengkonfigurasi sistem operasi berikut untuk menulis informasi debug:

  • Windows 2000
  • Windows XP
  • Windows Server 2003
  • Windows Vista
  • Windows Server 2008
  • Windows 7
  • Windows Server 2008 R2

Informasi debugging dapat ditulis ke format file yang berbeda (juga dikenal sebagai file dump memori) ketika komputer Anda tiba-tiba berhenti karena kesalahan Berhenti (juga dikenal sebagai “layar biru,” sistem crash, atau cek bug). Anda juga dapat mengkonfigurasi Windows untuk tidak menulis informasi debug ke file dump memori.

Windows dapat menghasilkan salah satu dari jenis file dump memori berikut:

  • Complete memory dump
  • Kernel memory dump
  • Small memory dump (64 KB)

Complete memory dump

Sebuah dump memori lengkap berupa catatan semua isi dari memori sistem ketika komputer Anda berhenti tiba-tiba. Sebuah dump memori mungkin berisi data lengkap dari proses yang berjalan ketika dump memori dikumpulkan.

Jika Anda memilih pilihan dump memori Lengkap, Anda harus memiliki file paging pada volume boot yang cukup besar untuk menampung semua RAM fisik ditambah 1 megabyte (MB).

Jika  lagi memori dump lengkap berikutnya (atau kernel dump memori) maka file yang dibuat sebelumnya akan ditimpa ditimpa dan digantikan dengan file memory dump yang baru.

Catatan : Pada Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2, paging file terdapat di partisi yang berbeda dari partisi di mana sistem operasi yang diinstal. Pada Windows Vista dan Windows Server 2008, untuk melihat file paging pada partisi lain, Anda harus membuat entri registri baru yang diberi nama DedicatedDumpFile. Anda dapat menentukan ukuran paging file dengan menggunakan entri registri baru yang diberi nama DumpFileSize.

Pada Windows 7 dan Windows Server 2008 R2, untuk menempatkan file paging pada partisi lain, tidak wajib untuk menggunakan entri registri DedicatedDumpFile. Pilihan memori Lengkap dump tidak tersedia pada komputer yang menjalankan sistem operasi 32-bit dan yang memiliki 2 gigabyte (GB) atau lebih RAM. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Menentukan apa yang terjadi ketika sistem berhenti tiba-tiba topik di situs TechNet Web Microsoft

Kernel memory dump

Sebuah dump memori kernel adalah hanya catatan memori kernel. Hal ini mempercepat proses merekam informasi di log ketika komputer Anda berhenti tiba-tiba. Anda harus memiliki pagefile cukup besar untuk menampung memori kernel. Untuk sistem 32-bit, memori kernel biasanya kapasitasnya antara 150MB dan 2GB. Selain itu, pada Windows 2003 dan Windows XP, file halaman harus berada pada boot volume. Jika tidak, dump memori tidak dapat diciptakan.

File dump ini tidak termasuk memori yang belum dialokasikan atau memori yang dialokasikan untuk program mode pengguna. Ini hanya mencakup memori yang dialokasikan untuk kernel dan lapisan abstraksi perangkat keras (HAL) pada Windows 2000 dan kemudian, dan memori yang dialokasikan untuk kernel-mode driver dan kernel-mode program. Untuk sebagian besar tujuan, ini berkas dump adalah yang paling berguna. Hal ini secara signifikan lebih kecil dari file dump memori lengkap, tapi itu menghilangkan hanya bagian-bagian dari memori yang mungkin telah terlibat dalam masalah.

Jika masalah kedua terjadi dan satu lagi memori kernel dump file (atau file memori lengkap dump) dibuat, file sebelumnya diganti ketika ‘Overwrite file yang ada’ pengaturan diperiksa.

Small memory dump

Sebuah dump memori kecil adalah catatan himpunan terkecil dari informasi yang berguna yang dapat membantu mengidentifikasi mengapa komputer Anda berhenti tiba-tiba. Opsi ini membutuhkan paging file minimal 2 MB pada volume boot dan menentukan bahwa Windows 2000 dan kemudian membuat file baru setiap kali komputer Anda berhenti tiba-tiba. dimana sejarah (History) file-file ini disimpan dalam sebuah folder.

Jenis file dump mencakup informasi berikut:

  • Pesan Stop dan parameter dan data lainnya
  • Daftar pengandarr yang dimuat
  • Konteks prosesor (PRCB) untuk prosesor yang berhenti
  • Proses informasi dan konteks kernel (EPROCESS) untuk proses yang berhenti
  • Proses informasi dan konteks kernel (ETHREAD) untuk thread yang berhenti
  • Kernel-mode panggilan stack untuk thread yang berhenti

Semacam ini file dump dapat bermanfaat ketika ruang terbatas. Namun, karena informasi yang terbatas termasuk, kesalahan yang tidak langsung disebabkan oleh thread yang berjalan pada saat masalah tidak dapat ditemukan oleh analisis file ini.

Jika masalah kedua terjadi dan berkas dump memori kecil dibuat kedua, file sebelumnya diawetkan. Setiap file tambahan diberikan nama yang berbeda. Tanggal dikodekan dalam nama file. Misalnya, Mini022900-01.dmp adalah dump memori pertama yang dihasilkan pada tanggal 29 Februari 2000. Daftar semua berkas dump memori kecil disimpan di% SystemRoot%\Minidump folder.

Untuk mengkonfigurasi startup dan pilihan pemulihan (termasuk tipe dump), ikuti langkah-langkah.

Catatan Karena ada beberapa versi Microsoft Windows, langkah berikut mungkin berbeda pada komputer Anda. Jika mereka berbeda, lihat dokumentasi produk Anda untuk melengkapi langkah ini.

  • Click Start, and then click Control Panel.
  • Click Performance and Maintenance, and then click System.
  • On the Advanced tab, click Settings under Startup and Recovery.

CATATAN: Anda harus restart Windows agar perubahan Anda untuk mengambil mempengaruhi.

Anda dapat memuat dump memori lengkap dan dump memori dengan kernel debugger simbolik standar, seperti I386kd.exe. I386kd.exe disertakan dengan Dukungan Windows 2000 CD-ROM.

Muat dengan dump memori kecil dengan menggunakan Dumpchk.exe. Dumpchk.exe disertakan dengan Alat Dukungan untuk Windows 2000 dan Windows XP. Anda juga dapat menggunakan Dumpchk.exe untuk memverifikasi bahwa file dump telah dibuat dengan benar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Dumpchk.exe pada Windows XP, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:

  • 315271 Cara menggunakan Dumpchk.exe untuk mengecek berkas dump memori
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan Dumpchk.exe pada Windows 2000, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:
  • 156280 Cara menggunakan Dumpchk.exe untuk mengecek berkas dump memori

Untuk informasi lebih lanjut tentang alat debugging, kunjungi Website Microsoft Web Link ini

definisi

  • Volume boot: volume yang berisi sistem operasi Windows dan file dukungan. Volume boot bisa saja, tetapi tidak harus, sama dengan volume sistem.
  • Volume sistem: volume yang berisi file perangkat keras khusus yang harus Anda miliki untuk memuat Windows. Volume sistem bisa saja, tetapi tidak harus, sama seperti boot volume. File Boot.ini, Ntdetect.com, dan Ntbootdd.sys adalah contoh file yang terletak pada volume sistem.

Nilai registry untuk startup dan pemulihan
Nilai registri berikut digunakan:
HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\CrashControl

CrashDumpEnabled REG_DWORD 0x0 = None
CrashDumpEnabled REG_DWORD 0x1 = Complete memory dump
CrashDumpEnabled REG_DWORD 0x2 = Kernel memory dump
CrashDumpEnabled REG_DWORD 0x3 = Small memory dump (64KB)
Additional registry values for CrashControl:
0x0 = Disabled
0x1 = Enabled

AutoReboot REG_DWORD 0x1
DumpFile REG_EXPAND_SZ %SystemRoot%\Memory.dmp
LogEvent REG_DWORD 0x1
MinidumpDir REG_EXPAND_SZ %SystemRoot%\Minidump
Overwrite REG_DWORD 0x1
SendAlert REG_DWORD 0x1

CATATAN: Anda harus restart Windows agar perubahan Anda untuk mengambil mempengaruhi.

2 Responses

  1. terima kasih gan sudah mau berbagi . . .
    info yang sangat bermanfa’at . . .

  2. Reblogged this on agixdota.wordpress.com and commented:
    izinnumpang baca mas…. buat2 nambah info…. 😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: