Menangani dengan cepat Blue Screen (BSOD) pada windows 7

Anda pernah mengalami Window 7 BSODs (Blue Screen Of Death) pada saat startup. Ada beberapa penyebab di balik masalah ini, namun berikut adalah penyebab paling umum:

  • Registry rusak
  • Program Antivirus.
  • System dalam mode Hibernate.

Hanya sedikit orang yang mengerti bahwa registry yang merupakan akar penyebab terjadinya Windows 7 Blue Screen Of Death (BSOD). Registry adalah database dimana iformasi system yang sangat sensitif disimpan dalam bentuk kunci dan kode. Entri registry yang rusak dapat menyebabkan masalah serius dalam operasi sistem. Untuk menangani hal ini harus memperbaiki bagian dari sistem operasi secara manual karena jika Anda menghapus semua entri yang valid maka komputer bisa crash dan data Anda yang tersimpan di komputer tidak bisa dibuka.

Untuk menagani situasi ini, banyak orang menggunakan pembersih registry yang dapat diandalkan pada mesin mereka untuk memperbaiki masalah registry yang terkait yang menjadi penyebab Windows 7 Blue Screen of Death.

Kadang-kadang Windows 7 BSOD bisa terjadi pada komputer Anda bila Anda menginstal paket antivirus Kaspersky. Dalam situasi ini Anda harus menonaktifkan perangkat lunak tersebut dengan menerapkan langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

Boot komputer ke Safe Mode, Anda dapat melakukannya dengan berulang kali menekan tombol F8. saat anda berada dalam sistem safe mode :

  • Klik tombol Start.
  • Klik  Run.
  • Ketik “msconfig” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  • Klik tab  Start up dan Nonaktifkan program Antivirus.
  • Restart komputer Anda.

Juga dengan mematikan fasilitas sistem Hibernate atau Sleep Mode dapat memperbaiki Windows 7 crash atau Blue Screen of Death.

Bila sistem Anda kembali normal, bersihkan registri dengan cleaner registry yang handal dan perangkat lunak pengoptimasi PC.

Untuk menghindari Windows 7 BSODs, perangkat lunak yang disarankan adalah Mitra Software Intel, RegInOut. Klik disini untuk download

7 Responses

  1. nompang nanya mas…
    saya instal ulang pake XP…
    setiap prosess “…inspecting hardware configuration…” (awal instal ulang)
    selalu gagal dan restart.boleh tau apa solusinya mas?
    terima kasih

    • 1. Coba periksa memory, bila anda pasang 2 keping memory coba pasang 1 saja, kemungkinan bila anda pasang 2 memory yang berbeda tipe dan ukurannya, membuat masalah salah satu memory tidak dapat digunakan.
      2. Coba install OS dengan mendelete partisinya, kemudian create format dan install, kemungkinan ada bad sector pada hardisk

  2. mau numpang tanya gan,, kalo bacaan di desktopnya itu “windows failed recovery” failed trus buat masuknya… itu kenapa ya.. udh coba save mood.. tp ga kebuka juga gan windowsnya.. malah keluar stop screennya biru 😦 thank before gan 🙂

    • Failed Recovery, artinya gagal melakukan recovery, anda dapat lakukan repair melalui CD instaler windows, boot tari CD tersebut lalu pilih repair

  3. jadi kalau kita maen game,,,,,,,,,
    tiba -tiba hibenate sendiri cmna cara mengatasinya

    • Kalau mati dihidupkan kembali bisa atau tidak, kalau bisa, kemungkinan itu processor kepanasan, anda harus menambahkan pendingin agar processor tidak panas dan mati

  4. Agan Repair/Fix itu sama kan dengan Instal ulang?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: