Hardisk Utility

Komponen yang terpenting dalam komputer, selain Motherboard, porcessor, memory bios dan VGA adalah Hardisk, di dalam hardisk inilah disimpat instalasi System yang dikenal dengan OS dan instalasi aplikasi lainnya dan tempat penyimpanan data.

Hardisk rentan terhadap kerusakan, seperti bad sector, tidak terdeteksi, dan juga pengaruh usia dari hardisk tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepatnya umur hardisk antara lain :

  1. Sering di format, bila ingin memformat hardisk sebaiknya jangan menimpa format yang telah ada, karena akan menimpa informasi hardisk, lebih baik di delete semua partisi kemudian memformat hardisk.
  2. Seringnya melakukan defragment, bila terlalu sering mendefragment hardisk maka head terlalu lelah bekerja, dan dapat mengakibatkan kerusakan sehingga tidak dapat lagi membaca.
  3. Tapi bila hardisk tidak pernah di defrag juga akan mengakibatkan umur hardisk berkurang, karena data atau file yang tersimpan di hardisk tidak beraturan tata letaknya sehingga juga dapat membuat head hardisk rusak dan terjadi bad sector, sebaiknya mendefragment hardisk dapat dilakukan 6 bulan sekali.
  4. Suhu, Semakin lama kita menggunakan hardisk dalam satu hari, mengakibatkan suhu atau temperatur hardisk semakin meningkat, bila temperatur hardisk melebih dari temperatur yang disarankan dapat mengakibatkan kerusakan pada hardisk, terutama kerusakan pada komponen hardisk.

Untuk mengetahui kondisi Hardisk anda dapat menggunakan beberapa software, dimana software ini dapat melihat kondisi hardisk anda sehingga anda dapat melakukan apa sebaiknya yang harus anda lakukan pada hardisk komputer anda antara lain :

1. Hardisk Monitor

Hard Drive Monitor adalah salah satu tools diagnostik hard drive gratis. Program ini dapat memonitor semua hard drive di PC Anda, dan memberikan laporan rinci tentang hard drive Anda, termasuk status drive, informasi drive, spin-up waktu, suhu drive dan lebih, semua data akan diperbarui secara real time. Program ini akan menampilkan satu termometer hard drive di jendela desktop PC Anda, sehingga Anda bisa melihat pesan ini sekilas, hal ini berguna untuk memprediksi kegagalan hardisk pc anda. Baca selengkapnya di link ini.

2. HDD Tune

Adalah software yang mendeteksi keadaan hardisk anda, dengan software ini anda dapat mengetahui kondisi hardisk anda agar anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan untuk menyelamatkan data anda, bila hardisk anda sudah tidak layak digunakan segera anda menyelamatkan data anda ke hardisk baru. Baca selengkapnya Di link ini.

3. Hard Drive Inspector 3.32

Hard Drive Inspektur adalah aplikasi perangkat lunak baru yang memonitor hard-drive dari masalah-masalah yang mungkin terjadi. Hard Drive Inspektur didasarkan pada teknologi SMART, yang merupakan bagian dari hampir setiap hard drive-diproduksi di dunia saat ini. Hard Drive Inspektur adalah aplikasi yang sangat berguna hard disk yang akan membantu Anda ketika Anda mendapat masalah pada hard disk atau ketika Anda ngin menguji atau memonitor. Selengkapnya baca di link ini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: