Setting Jaringan Melalui Dos

Selain dari aplikasi yang diinstall di windows atau aplikasi bawaan windows, anda dapat mensetting atau memonitor jaringan melalui system dos. Untuk dapat melakukan perintah pada sistem dos anda dapat melakukannya dengan cara mengklik menu Start, Run kemudian ketik cmd lalu tekan Enter.

Ada beberapa perintah yang dapat anda gunakan untuk memonitor atau mensetting jaringan, antaralain seperti :

1. arp ; Menampilkan dan mengubah entri di Address Resolution Protocol (ARP) cache, yang berisi satu atau lebih tabel yang digunakan untuk menyimpan alamat IP dan Ethernet diproses atau alamat fisik Token Ring. Ada tabel terpisah untuk setiap Ethernet atau Token Ring adapter jaringan yang diinstal pada komputer Anda. Digunakan tanpa parameter, menampilkan menu bantuan ARP.

Perintah ini hanya tersedia jika Internet Protocol (TCP / IP) protokol dipasang sebagai komponen dalam properti dari kartu jaringan pada Network Connections

2. Ipconfig ; Menampilkan semua TCP yang ada/nilai konfigurasi jaringan IP dan menyegarkan pengaturan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) dan Domain Name System (DNS). Digunakan tanpa parameter, ipconfig menampilkan alamat IP, subnet mask, dan gateway default untuk semua adapter.

Perintah ini sangat berguna pada komputer yang dikonfigurasi untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menentukan TCP / IP nilai konfigurasi telah dikonfigurasi oleh DHCP, Automatic Private IP Addressing (APIPA), atau konfigurasi alternatif.

3. Ping ;  Memverifikasi IP-tingkat konektivitas TCP / IP ke komputer lain dengan mengirim pesan Internet Control Protocol (ICMP) Permintaan pesan Echo. Penerimaan pesan Echo yang sesuai akan ditampilkan balasannya, bersama dengan waktu In dan outnya. Ping adalah perintah utama TCP / IP yang digunakan untuk memecahkan masalah konektivitas, keterjangkauan, dan resolusi nama. Digunakan tanpa parameter, menampilkan menu bantuan ping.

Dapat menggunakan ping untuk menguji kedua nama komputer dan alamat IP komputer. Jika proses ping alamat IP berhasil, tapi ping nama komputer tidak akan ditampilkan, Anda mungkin memiliki masalah name resoluion. Dalam hal ini, anda dapat menentukan nama komputer anda melalui lokal file Host, dengan menggunakan Domain Name System (DNS) query, atau melalui teknik name resolution NetBIOS.

4. Tracert ; Menentukan jalur yang akan dibawa ke tujuan dengan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Permintaan pesan Echo ke tujuan dengan peningkatan nilai bidang Waktu secara bertahap untuk Live (TTL). Jalur yang ditampilkan adalah daftar interface router dekat-sisi router pada jalur antara host sumber dan tujuan. Antarmuka dekat-sisi interface dari router yang terdekat dengan tuan rumah pengiriman pada path. Digunakan tanpa parameter, menampilkan menu bantuan tracert.

5. Pathping ; Menyediakan informasi tentang latency jaringan dan hilangnya jaringan di intermediate hops antara sumber dan tujuan. PathPing mengirim beberapa pesan Echo Request ke setiap router antara sumber dan tujuan selama periode waktu dan kemudian menghitung hasil berdasarkan paket kembali dari setiap router. Karena PathPing menampilkan tingkat kehilangan paket pada semua router yang diberikan atau link, Anda dapat menentukan router atau subnet mungkin mengalami masalah jaringan.

6. Netstat ; Menampilkan koneksi TCP yang aktif, port komputer yang mememperlihatkan, statistik Ethernet, tabel routing IP, statistik IPv4 (untuk protokol IP, ICMP, TCP, dan UDP), dan statistik IPv6 (untuk IPv6, ICMPv6, TCP IPv6 , dan UDP lebih dari protokol IPv6). Digunakan tanpa parameter, netstat menampilkan koneksi TCP yang aktif.

7. Nbtstat ; Menampilkan NetBIOS over TCP / (NetBT) statistik protokol IP, tabel nama NetBIOS untuk kedua komputer lokal dan komputer remote, dan cache nama NetBIOS. Nbtstat memungkinkan refresh cache nama NetBIOS dan nama-nama yang terdaftar dengan Windows Internet Name Service (WINS). Digunakan tanpa parameter, menampilkan nbtstat menu bantuan.

Selebihnya untuk cara penulisan dan contoh perintah dalam penggunaan dos ini anda dapat membaca pada Link berikut ini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: