Menghapus informasi Dokumen Anda saat komputer di shutdown

Saat anda menggunakan komputer dan membuka aplikasi seperti word, excell serta pengolahan data beberapa aplikasi yang menggunakan hard disk sebagai memori penyimpanan data, sebelum anda menyimpan secara permanen di hardik maka data tersebut akan disimpan terlebih dahulu disebuah tempat yang disebut memori virtual. Selama prose kerja sistem operasi akan menttransfer beberapa data dan program dari RAM ke hard disk dan reload lagi jika diperlukan. Data atau program yang disimpan dalam hard disk di file sementara yang disebut swap file. Teknik swapping data antara memori dan hard disk disebut paging. Sistem operasi menghabiskan banyak waktu dalam proses paging, bukannya menjalankan perangkat lunak aplikasi.

Yang menjadi Masalah adalah bahwa saat bekerja Anda menggunakan program perangkat lunak yang berbeda di komputer dan file halaman mungkin berisi informasi rahasia Anda atau disimpan dalam format terenkripsi. Sebagai contoh setelah anda selesai melakukan pekerjaan dengan micorosft word, dan menyimpan data tersebut ke hardisk, lalu anda menutup aplikasi microsoftword, dan mematikan komputer, saat anda besoknya membuka microsoft word untuk memulai pekerjaan baru, bila anda klik file, maka informasi pekerjaan yang pernah anda kerjakan sebelum ini akan tampil, bila anda yang melihat tidak masalah tapi bila orang lain yang melihat, dan bila dokumen tersebut adalah dokumen penting, maka orang tersebut dapat mengklik informasi tersebut dan membaca dokumen anda.

Untuk mengurangi risiko ini, Anda dapat mengatur komputer Anda untuk membersihkan halaman file secara otomatis setiap kali anda shutdown komputer Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu login ke komputer Anda dengan hak administratif.

  • Pertama, klik pada tombol start untuk membuka Control panel dan kemudian klik pada Pilihan “Administrative Tools”.
  • Pda panel “Local Security Settings”, pilih dan klik pada “Local Policies”.
  • Di sub pilihan klik dua kali “Security Options” lalu klik dua kali pada pilihan “Shutdown: Clear virtual memory pagefile”.
  • kotak dialog akan muncul dengan pilihan, “Enabled atau Disabled”, centrang pilihan Enable, lalu klik tombol Applay dan tombol Ok

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: