Pegertian Gateway

Di Internet, sebuah node atau titik berhenti bisa menjadi gateway atau host. Sebuah router juga bertindak sebagai gateway. Komputer yang mengontrol dan mengatur lalu lintas dan bandwidth dalam jaringan perusahaan Anda atau di ISP adalah node gateway. Dalam jaringan perusahaan bertindak sebagai gateway node server proxy dan firewall. gateway ini juga terkait dengan router dan switch.

Sebuah gateway jaringan adalah sistem internetworking yang menghubungkan dua jaringan bersama-sama dan dapat dikonfigurasi dalam perangkat lunak, perangkat keras atau keduanya. Jaringan gateway dapat beroperasi pada setiap tingkat dari model lapisan OSI.

Konfigurasi Gatway

Gateway memiliki dua sisi: Sisi WAN terhubung ke modem DSL dan kabel LAN sisi terhubung ke jaringan pribadi Anda melalui hub atau switch. Fungsi utama adalah untuk rute lalu lintas dari komputer ke Internet dan kembali ke komputer. Sebuah komputer dengan dua kartu NIC dapat bertindak sebagai gateway. Ini rute lalu lintas jaringan antara dua logis dan jaringan fisik yang berbeda.

Dalam konfigurasi tersebut, pertama Anda mengkonfigurasi sisi publik gateway dengan alamat IP, yang diberikan kepada Anda oleh ISP (Penyedia fasilitas Internet). Konfigurasi sisi publik umumnya termasuk, menetapkan alamat IP, server DNS, subnet mask, alamat IP gateway ISP dan nama host. Selain itu, jika ISP Anda menggunakan PPPoE, Anda hanya perlu mengaktifkan PPPoE di gateway Anda.

Di sisi lain untuk mengkonfigurasi pihak lain, Anda harus mengaktifkan DHCP. Dengan mengaktifkan fitur ini setiap komputer di jaringan Anda, secara otomatis akan memilih pengaturan dari server DHCP yang diperlukan untuk komputer untuk menjadi bagian dari jaringan dan dapat berkomunikasi.

Konfigurasi Software

Langkah terakhir dalam konfigurasi, adalah untuk mengkonfigurasi setiap PC sedemikian rupa sehingga secara otomatis mendapatkan semua pengaturan dari server DHCP. Pastikan bahwa protokol TCP / IP terpasang di setiap komputer jaringan Anda. Setelah mengkonfigurasi setiap PC dalam jaringan Anda reboot Komputer anda.

Setelah reboot setiap PC dalam jaringan Anda, Anda akan melihat ikon berkedip di bawah jaringan di sisi kanan task bar. Jika semuanya dilakukan maka Anda dapat mengakses internet, berbagi printer dan data dalam jaringan Anda.

Firewall juga dapat dikonfigurasi untuk melakukan pemeriksaan lalu lintas jaringan yang tidak sah dari internet ke komputer atau jaringan anda.

10 Responses

  1. saya ade msalah ngan laptop saya… nape ye lepas saya format keluar “limited or no connectivity” di kanan task bar??

    • Ada permintaan dari system anda mau koneksi yang Limited (terbatas) atau No (tidak terbatas), anda tinggal mengklik dan memilih antara kedua pilihan tersebut

  2. om numpang nanya ni untuk seting DNS yang efektif bt warnet saya pake dns yang mana? sedangkan saya nggak pakai mikrotik tapi pake software?

    • Bila anda menggunakan Speedy atau fastnet, biasanya sudah diberikan DNSnya, atau anda bisa pilih salah satu IP DNS dari server yang digunakan untuk mempercepat link seperti DNS microsoft 65.55.12.249

  3. dah saya ganti dns coba ak test ping cmd kok request time out and nga bisa buka browser…not respon knp ya om?

    • IP DNSnya tidak respon atau tidak konek, coba gunakan DNS yang diberikan oleh provider Internet

      • kalau pake DNS yang d pasang provider konek, setingan gateaway pada lan server 192.168.1.1 terus prefered DNS Ma alternative DNS nya DI isi apa biar nggak lemot..

  4. Setting DNS untuk setiap lokasi komputer beda” mas, penggunaan DNS yang tepat adalah yang paling dekat dengan lokasi jaringan komputer mas wakey.
    Mas bisa coba search digoogle alamat DNS server, kemudian mencoba meng-ping dari komputer mas satu” alamat DNSnya dengan cara keluar dulu di dos dan ketik

    ping alamatDNS

    Contoh jika ingin menggunakan DNS SERVER NAWALA, maka untuk tes DNS-nya ketik

    ping 180.131.144.144
    lalu Enter

    Setelah mas cari yang mana alamat DNS yang paling cepat dengan cara melhat hasil Average tes pingnya, semakin kecil angkanya, berarti semakin bagus untuk mas gunakan.

    Atau bisa juga mas gunakan software tes DNS Namebench, jadi softwarenya tinggal mas jalankan dikomputer yang mas pastikan tidak dibatasi penggunaan bandwithnya (mis di kompi server), kemudian mas benchmark.
    tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, dan setelah itu Namebench akan menyarankan alamat DNS yang tepat untuk komputer mas, silahkan gunakan alamat DNS pertama pada preferred DNS, dan alamat DNS yg kedua digunakan pada alternate DNS, sementara alamat DNS ketiga dan seterusnya mas tambahkan pada DNS server addresses dengan cara terlebih dahulu mengklik Advanced (dibawah alamat alternate DNS server), kemudian pada Advanced TCP/IP Settings klik tab DNS, kemudian klik Add, dan isikan alamat DNS ketiga dan seterusnya (tambahkan sesuai kebutuhan).

    Saya menyarankan menggunakan DNS server Nawala jg di

    180.131.144.144
    180.131.145.145

    Karena selain alamat DNS server ini memblokir situs” porno, juga memblokir situs” yang berbahaya lainnya, dan alamat DNS servernya bisa jg kita tambahkan di DNS server addresses komputer kita.
    (Sory kebanyakan :))

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: