Komputer Anda Sering Hang dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Bila komputer anda hang dengan katalain layar terhenti dan keyboard tidak meresponding bila ditekan tombol, serta tombol Numlok tidak berfungsi.

Mengapa Komputer Hang?

  1. Overheating dari prosesor / Motherboard. Jika kipas pendingin rusak, prosesor akan memanas dan tidak lagi bekerja melebihi suhu tertentu.
  2. Kerusakan pada masalah drive hard disk. Hard disk merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer, karena Operating system tersimpan di hardisk, bila hardisk mengalami kerusakan atau gangguan maka akan terjadi hang dan tidak bisa di akses.
  3. Karena serangan Virus, Setiap komputer beresiko terinfeksi oleh virus jahat dan berbahaya. Beberapa virus dapat menyebabkan sistem membeku.
  4. Untuk mengatasi masalah komputer hang ada beberapa step yang harus anda lakukan :
  5. Faktor Lain, Beberapa perangkat lunak pihak ketiga yang tidak kompatibel dengan mesin-mesin. ketidaksesuaian ini dapat menyebabkan konflik dengan sistem, dan menyebabkan Hang.

Cara mengatasinya

  1. Periksa apakah kipas pada prosesor berfungsi dengan benar atau tidak. Jadi, pastikan Kipas angin bekerja dengan baik dan bersih. Jika tidak, anda harus mengganti fan. Juga periksa kipas tambahan pada casing komputer Anda (jika ada).
  2. Jalankan Scan disk untuk memeriksa kesalahan disk dan memperbaiki sektor yang rusak (anda dapat menggunakan software scandisk atau fasilitas scan disk yang ada pada windows). Jika ada bad sector yang tidak dapat diperbaiki, maka Anda harus menggantikan hard disk Anda.
  3. Setelah tidak ada sektor yang rusak (Bad Sector) dan scan disk selesai, lakukan de-fragmentasi (Defragment) partisi hard disk Anda (ini mungkin memakan waktu lama), ini akan membantu komputer untuk mengakses file dengan mudah dan komputer berjalan lebih baik (juga cepat dalam beberapa kasus ).
  4. Untuk mengtasi serangan virus, Anda harus menginstall perangkat lunak antivirus pada komputer Anda. Anda harus secara teratur memperbarui perangkat lunak ini dengan mengunjungi website mereka, karena ada virus baru yang dibuat dan diedarkan setiap hari. Jika komputer Anda membeku sering maka sangat mungkin bahwa mesin Anda telah terinfeksi oleh virus komputer berbahaya.
  5. Bila komputer sering hang, ini mungkin terjadi karena ada masalah dengan Random Access Memori (RAM). Periksa Ram anda, coba ke komputer lainnya, kalau memang Ram tersebut tidak bisa bekerja, segera ganti ram anda.

2 Responses

  1. mantp infonya.. Thanks ya..

  2. makasih solusinya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: