Firewall Windows XP – Seberapa Bagus Kerjanya?

RINGKASAN : System Windows XP sudah dilengkapi dengan firewall. Apakah firewall ini akan melindungi komputer anda ketika terhubung dengan Internet?

Meskipun firewall Windows XP tidak memadai tapi lebih baik daripada tidak ada sama sekali, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan firewall lain melindungi system anda, atau mengganti (dianjurkan) firewall yang sesuai dengan Windows XP!.

  • Firewall pada Windows XP filter hanya lalu lintas inbound. Ini berarti bahwa jika spyware menyerang komputer Anda, hal itu dapat membuka lubang keamanan di mesin Anda pada saat anda berkomunikasi dengan dunia luar. Hal ini berpotensi dapat menyebabkan sistem crash atau pencurian identitas.
  • Firewall Windows XP tidak memiliki fitur yang lebih canggih yang dapat membantu melindungi komputer Anda. Beberapa firewall dapat mendeteksi bahwa komputer asing berusaha berulang kali menyerang mesin Anda, dan pada akhirnya akan memblokir semua lalu lintas dari penyerang. Selain itu, beberapa firewall dapat mencegah Anda dari mengakses situs-situs terkenal untuk host dengan aktivitas yang mencurigakan.
  • Beberapa program perangkat lunak yang diinstall di komputer akan selalu aktif link ke internet dan terus berkomunikasi dengan komputer remote dengan tujuan untuk memeriksa dan melihat update terbaru dari software tersebut ke bagian dari perangkat lunak yang tersedia. Yang menjengkelkan komunikasi ini hanya untuk menampilkan iklan atau komunikasi statistik penggunaan untuk pembuatan perangkat lunak. Meskipun firewall Windows XP tidak banyak mendukung keamanan system, tapi banyak program firewall lainnya dapat dikonfigurasi secara aplikasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa software Firewall yang dapat digunakan untuk melindungi system antara lain :

  1. Zone Labs Mengembangkan ZoneAlarm, firewall yang fungsinya untuk penggunaan pribadi. Anda harus hati-hati menavigasi situs untuk men-download versi gratis kecuali Anda memilih untuk membeli komersial (dan lebih kuat) ZoneAlarm Security Suite atau ZoneAlarm Pro. Pada 29 Oktober 2008, ini masih didukung.
  2. Sunbelt Software Memiliki Sunbelt Kerio Personal Firewall. anda dapat mencoba dengan bebas selama 30 hari, setelah itu program ini otomatis tidak aktif ‘untuk firewall kurang kuat kecuali Anda memilih untuk membayar biaya pendaftaran.
  3. Agnitum Memiliki versi freeware untuk perangkat lunak firewall mereka, Outpost Firewall Gratis. Namun, tapi software ini di buat 15 Januari 2006, dan di rilis tahun 2002 mungkin sudah tidak memadai untuk digunakan dengan berkembangnya spayware.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: