Virtual CD-ROM Control Panel 2.0.1.1

Program gratis untuk Windows XP memungkinkan Anda membuat CD drive virtual pada hard disk Anda. Beberapa pengunjung situs telah mengkonfirmasi bahwa software ini bekerja dengan Windows 2000 juga (tapi ini tidak dinyatakan dalam readme resmi Microsoft). Bagi siapa yang terbiasa dengan ‘virtual CD’ atau ‘CD emulator’, berarti bahwa Anda dapat menyalin seluruh isi CD-ROM ke hard disk anda dan menjalankan program atau mengakses file tanpa membutuhkan CD asli. Hal ini dapat membuat file lebih mudah diakses, lebih cepat dan lebih nyaman. Mengingat kecepatan dan ukuran dari hard drive yang besar, Anda dapat dengan mudah bisa memasukkan sejumlah CD ke hard drive Anda tanpa melihat perbedaan dengan membuat CD Image melalui program seperti Ultra ISO dll.

Dengan asumsi Anda sudah 30 CD image yang anda buat, ini akan menggunakan sekitar 20GB pada hard drive dan semuanya akan dapat diakses dengan beberapa klik mouse. Kecepatan membaca CD Image pada Hard drive lebih cepat sekitar 10 kali daripada anda buka CD melalui CD Room, plus anda langsung dapat mengakses file, tanpa harus mengamil CD dan  memasukkan CD dan menunggu sampai head optik CD/DVD Room membaca.

Ini sangat cocok digunakan bagi anda yang gemar bermain game, dimana game yang anda mainkan walaupun telah diinstall tapi harus memainkannya dengan CD/DVD yang harus dimasukkan kedalam CD Room, Dengan virtual CD, CD/DVD Room akan lebih awet dan tahan lama, karena tidak harus membaca CD/DVD setiap saat.

Software Ini hanya bekerja dengan image CD dengan ekstension .ISO. Cara menggunakan software ini :

  1. Copy file VCdRom.sys ke folder C:\Windows\system32\drivers.
  2. Jalankan VCdControlTool.exe
  3. Klik “Driver kontrol”
  4. Jika “Install Driver” tombol tersedia, klik. Arahkan ke folder C:\Windows\system32\drivers, pilih file VCdRom.sys, dan klik Open.
  5. Klik “Start”
  6. Klik OK
  7. Klik “Add Drive” untuk menambahkan drive ke daftar drive. Pastikan bahwa drive tidak ditambahkan adalah drive lokal (Drive yang sudah ada). Jika ya, terus klik “Add Drive” sampai huruf drive yang belum digunakan tersedia.
  8. Pilih drive yang belum terpakai dari daftar drive dan klik “Mount”.
  9. Arahkan ke file image, pilih, dan klik “OK”.

Anda sekarang dapat menggunakan drive  CD/DVD Virtual seolah-olah itu  adalah perangkat CD-ROM lokal. Ketika Anda selesai Anda dapat meng-unmount, berhenti, dan menghapus driver dari memori menggunakan kontrol driver.

  • License Freeware
  • Date Added 21 January, 2009
  • Category Multimedia & Design / Video
  • Filesize 50.0 KB
  • Author Microsoft

Download

One Response

  1. […] Download dan instal CD/DVD emulator. […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: