Meningkatkan Kinerja Windows XP

Windows XP tidak secara otomatis dikonfigurasi untuk kinerja terbaik. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja mesin Windows XP Anda. Disini ada beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mengkonfigurasi sistem operasi Anda seperti yang Anda suka. Semoga Anda menemukan tips ini dan menikmati menggunakan komputer Anda lebih dari sebelumnya.

1. Hapus Windows Messenger:

Windows Messenger adalah sebuah program kecil yang  memusingkan yang selalu bekerja dan memakan memori. Jika Anda tidak menggunakan program ini anda dapat dengan mudah dihapus.  Anda tidak akan menemukan program di add / menghapus bagian panel kontrol, sehingga Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk menghapusnya. Jika Anda pergi ke tombol start dan klik run, ketik perintah “advpack.dll RunDll32, LaunchINFSection %windir%\inf\ msmsgs.inf, BLC.Remove” (tanpa tanda petik), ini secara efektif akan menghapus Windows Messenger dari Windows XP. Ini akan membebaskan beberapa memori dan kekuatan prosesor sejak layanan Windows Messenger tidak lagi berjalan dan program akan hilang.

2. Mempercepat Start Menu:

Start menu di Windows XP bisa lambat pada beberapa sistem. Hal ini dapat terjadi karena sumber daya sistem yang rendah, tapi Anda tidak harus pusing dengan hal itu. Ada tweak yang dapat Anda lakukan untuk speedup menu awal waktu respon. Buka registry editor dengan klik Start, kemudian klik Run lalu ketik regedit.exe dan arahkan ke key HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop \ MenuShowDelay. Rubah nilai (default mungkin 400) sampai 5, 50 atau bahkan 0. Hal ini akan mempercepat menu start up. Jika Anda tidak peduli untuk efek bayangan, Anda dapat lebih mempercepat dengan masuk ke Display Properties Window dan dari sana ke appearance dan klik tombol Advanced dan hapus centang di sebelah Show menu shadow. Hal ini sangat diharapkan akan meningkatkan kinerja dari menu start pada Windows XP.

3. Waktu Shutdown Lama

Apakah Anda terganggu oleh setiapkali shutdown ditampilkan di Windows XP? Terus menunggu selama 5 menit setelah menekan tombol shutdown? Ada bantuan untuk rasa pusing di kepala karena menunggu. Buka Registry dengan masuk ke START-RUN dan mengetik REGEDIT.exe Arahkan ke HKEY_CURRENT_USER\CONTROL PANEL\DESKTOP dan cari AutoEndTasks. Pada My Computer nilai default adalah 0. ubah nilainya ke 1.

Anda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk Windows XP untuk mengeluarkan direktif membunuh untuk semua / menutup aplikasi aktif. Dalam melakukan hal ini hanya bahwa Anda harus memastikan adalah bahwa HungAppTimeout lebih besar dari WaitToKillAppTimeout. Mengubah nilai-nilai WaitToKillAppTimeout dengan 3.500 (karena nilai default untuk HungAppTimeout 5000 dan untuk WaitToKillAppTimeout adalah 20.000). Windows XP sekarang akan shutdown lebih cepat.

Tips-tips ini hanya primer bagi apa yang dapat Anda lakukan pada Windows XP untuk meningkatkan kinerja. Ada banyak sumber daya online baik di situs Web dan forum. Seperti biasa, file cadangan Anda penting sebelum mengedit registri dan bersenang-senang.

4. TweakXP

Pilihan yang paling sederhana akan selalu tersedia untuk men-download software khusus yang melakukan kerja keras untuk Anda. Sementara tweak manual berguna, hanya ada tidak bisa dibandingkan; TweakXP dan program-program serupa mencakup banyak aspek dari Windows XP dan dapat melakukan tweak yang akan membawa Anda dan saya jam dalam hitungan menit. Anda memilih apa yang ingin Anda lihat dan program-program tweaking melakukannya untuk Anda.

TweakXP direkomendasikan karena mudah digunakan dan status freeware.
Aplikasi lain yang sangat direkomendasikan adalah Microsoft PowerToys untuk Windows XP

5. Disable File Indexing

Windows XP berisi layanan pengindeksan dirancang untuk mengekstraksi informasi dari dokumen dan bantuan Anda dalam indeks “searchable keyword index” Meskipun proses ini bisa (dalam beberapa kasus) akan berguna, jumlah sumber daya yang diperlukan untuk benar indeks komputer Anda juga dapat sangat memperlambat kinerja komputer! Selain itu, ada banyak pengguna yang tidak akan pernah menggunakan fitur pencarian ini. Jika Anda ingin menambah kecepatan lebih dari mesin XP Anda, menonaktifkan pengindeksan file.

Untuk menonaktifkan pengindeksan file ini, klik dua kali pada My Computer dan klik kanan pada Anda C: \ Drive (atau drive mana Anda ingin mengindeks menonaktifkan). Dari sini, pilih “Properties” dan hapus centang “Allow Indexing Service ke indeks disk ini untuk pencarian cepat file.” Selanjutnya, Anda harus menerapkan pengaturan baru untuk “C: file subfoldersand \.” Voila! Anda akan melihat peningkatan kinerja dengan perubahan yang dilakukan.

6. Nonaktifkan Services XP Diinginkan

Ada banyak fitur Windows XP yang tidak pernah anda gunakan. Fitur-fitur yang tidak diperlukan tetapi menghabiskan memori dan memperlambat operasi XP Anda. Hal ini Anda disarankan untuk menonaktifkan fitur yang tidak Anda gunakan dalam rangka meningkatkan kinerja mesin Anda. Ini mungkin salah satu yang paling menguntungkan tweak yang dapat Anda lakukan untuk sistem anda!

Untuk memulai, pergi ke Start Menu dan klik pada Run. Dari sini, ketik services.msc dan tekan enter. Anda akan melihat daftar layanan pop up; pada titik ini, memilih layanan yang ingin Anda nonaktifkan. Melakukan hal ini akan menghemat memori berharga dan kerja prosesor Anda kesulitan untuk boot! Untuk daftar pelayanan dan penjelasan lengkap untuk masing-masing service, silakan baca satu persatu fungsi dari service tersebut sebelum anda menonaktifkannya. Lihat Panduan Windows Xp Service

7. Buang seluruh Spyware dari komputer anda

Jika Anda seperti kebanyakan pengguna XP, Anda telah mengumpulkan sejumlah Spyware dengan hanya surfing rutin harian Anda. Aplikasi Spyware dan pengaturan sering dapat menyebabkan masalah performa yang tidak diinginkan dan tidak terdeteksi dan harus dibersihkan segera!

Beberapa software dianggap Spyware removal program Lavasoft’s Ad-Aware dan Spybot Search and Destroy. Sebuah versi gratis dari Ad-Aware baik dan Cari dan Hancurkan dapat ditemukan di alamat berikut:  Ad-Aware, dan  Search and Destroy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: