Tips dan trik mempercepat komputer dengan OS Windows Vista

Seperti kita ketahui Windows Vista adalah system os yang tidak banyak diminati oleh pengguna komputer, banyak orang menganggapnya sebagai ‘produk gagal’ dari Microsoft. Berbagai masalah seperti kompatibilitas dengan driver, lambat dan lainnya sering menghantui para pengguna Vista. Namun banyak pengguna komputer ketika membeli laptop sudah terinstall os windows vista

Pada artikel kali ini akan di bahas beberapa langkah untuk mempercepat kinerja komputer yang menggunakan system windows vista

Antara lain :

1. Menonaktifkan layanan service yang tidak dibutuhkan

Ketik ‘Services‘ di kotak Search dan tekan Enter untuk melihat apa-apa saja yang telah ditandai sebagai ‘Started’ dan berjalan di komputer anda. Service yang mungkin tidak anda perlukan untuk berjalan seperti Distributed Link Tracking Client (yang fungsinya untuk menjaga link file NTFS di jaringan) dan Tablet PC Input Service (kecuali jika anda menggunakan Tablet PC). Klik 2x di service yang tidak diinginkan, pilih Startup type to Disabled dan service itu tidak akan dijalankan ketika komputer dinyalakan lagi nantinya. Hati-hati, beberapa service sangat vital untuk sistem anda dan menonaktifkan service tersebut akan membuat masalah nantinya. Untuk mengetahui service apa saja yang vital anda bisa pelajari dari situs-situs seperti Black Viper, dan jika anda ragu tentang satu service maka biarkan saja tetap berjalan.

2. Update driver

ika anda mengalami masalah dengan kinerja komputer, cobalah untuk secara rutin mengupdate driver hardware anda dengan rilis terbaru karena biasanya pihak pembuat hardware mengupdate driver hardwarenya secara berkala untuk mengatasi bug yang ada atau untuk meningkatkan kinerja hardwarenya. Anda bisa mencari update terbaru di website pembuat hardware.

3. Matikan System Restore

System restore funsinya untuk membackup system anda, sehingga anda dapat mengembalikan system anda ke kondisi waktu dimana system masih bekerja dengan baik, namun mengaktifkan fitur ini kanan memenuhi ruang hardisk anda, dan pada saat anda menjalankan komputer sebagian memory dipergunakan untuk membackup system anda sehingga kinerja komputer anda lambat. Matikan atau non aktifkan system Restore agar mempercepat kinerja komputer anda.

4. Buang program startup yang tidak diinginkan

Dengan menggunakan Windows Defender dan klik Tools > Software Explorer untuk melihat program-program yang berjalan ketika Windows baru mulai (start). Jangan langsung hapus semua, tapi hapus manakala anda yakin program tersebut memang tidak diperlukan, caranya klik dan pilih Disable untuk menghentikannya berjalan ketika awal (start).

5. Icon Desktop

Sangat penting untuk menjaga kondisi dan tampilan desktop anda terus terorganisir. Mempunyai sangat banyak icon pada desktop, juga akan menurunkan performa sistem saat startup. Cobalah untuk mengelompokkan setiap icon menurut kebutuhan anda kedalam beberapa folder pada desktop, sehingga desktop tidak terlalu dipenuhi dengan icon-icon program koleksi anda.

6. Defragmenter

Gunakan tool Disk Defragmenter yang terletak di Accessories>>System Tools menu untuk melakukan defragment pada komputer. Melakukan defragmenter pada komputer secara rutin akan membantu alokasi file pada komputer terus tertata sehingga kinerja sistem dapat terjaga dengan baik.

7. Redy Boster

Windows Vista mempunyai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performa sistem seperti Readyboost, fitur ini akan menggunakan memory pada USB atau flash drive yang terhubung dengan komputer untuk meningkatkan performa sistem pada komputer. Setelah dilakukan test dengan menghubungkan 1GB Sandisk Cruzer, Windows Vista Readyboost mampu membuat komputer bekerja lebih cepat.

8. Mematikan Wi-Fi

Apabila anda adalah pengguna laptop dan anda sering memakai WiFi, sangat dianjurkan untuk mematikan WiFi apabila anda sedang tidak menggunakannya, atau setelah anda memakai WiFi. Selain dapat sedikit meningkatkan kinerja sistem juga dapat menghemat pemakaian baterai, sehingga anda tidak perlu harus terlalu sering men-charge laptop. Beberapa langkah yang juga dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian baterai dalah mematikan volume dan menurunkan tingkat nrightness pada layar. Atau bisa juga anda memilih settingan otomatis “Power Saver” yang ada di Control Panel >> Power Options. Fitur ini akan sangat membantu dalam pengalokasian energi pada laptop.

9. Prioritaskan Program Anda

Ini mungkin untuk memberikan program berbagai tingkat prioritas untuk prosesor, yang dapat membantu meningkatkan kinerja dalam program-program prosesor-intensif seperti multimedia tools (termasuk Windows Media Player) dan permainan dengan mengorbankan program lain.

Jalankan program intensif dengan tingkat yang lebih tinggi prioritas untuk performa yang lebih baik

Secara default semua program berjalan dengan tingkat prioritas Normal, tapi mungkin untuk meningkatkan ini untuk AbNormal atau bahkan Tinggi. Untuk melakukannya, klik kanan pada Taskbar dan pilih Task Manager. Cari program anda pada tab Applications, klik kanan dan pilih Go to Process. Sekarang klik kanan proses yang dipilih dan pilih Priority untuk memberikan level baru – jangan pilih RealTime, karena hal ini akan memberikan prioritas program di atas Windows Vista itu sendiri, dan bahkan mungkin akan membuat system anda berhenti.

10. Keuntungan Hak Administrator di tingkatkan

Tekan tombol [Windows] untuk menjalankan menu Start dan ketik program yang Anda cari – tekan [Ctrl] + [Shift] + [Enter] diikuti dengan [Alt] + [C] dan Anda akan memulai dengan hak administrator penuh tanpa harus klik mouse.

11. Boost Hard Drive Anda

Banyak PC sekarang dengan terminal drive SATA, yang lebih unggul daripada standar IDE yang lebih tua. Jika Anda menjalankan laptop atau PC yang terhubung ke catu daya tak terputus (UPS), Anda dapat mempercepat dengan beralih pada fitur canggih. Untuk melakukan ini, klik start, lalu klik Device Manager dan tekan [Enter]. Buka bagian Disk Drives, klik kanan hard drive anda dan pilih Properties> Policies tab. Write caching seharusnya sudah diaktifkan, jadi klik “Enable advanced performance” dan klik OK.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: