Mengontrol Peralantan Listrik dengan Komputer

Komputer banyak gunanya, bukan hanya untuk mengetik, bermain game, Internet dan juga untuk hiburan, juga dapat berfungsi untuk sebagai alat kontrol beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik.

Berikut ini adalah rangkaian untuk menggunakan port printer dari PC, untuk aplikasi kontrol menggunakan perangkat lunak dan beberapa perangkat keras antarmuka. Rangkaian antarmuka dengan perangkat lunak yang diberikan dapat digunakan dengan port printer dari PC apapun untuk mengendalikan sampai delapan peralatan listrik.

Rangkaian interface yang ditunjukkan pada gambar yang diambil hanya satu perangkat, yang dikendalikan oleh bit D0 di pin 2 dari paralel port 25-pin. Identik sirkuit untuk data bit yang tersisa D1 melalui D7 (tersedia di pin 3 sampai 9) harus menggunakan kabel yang sama. Penggunaan opto-coupler memastikan isolasi lengkap PC dari rangkaian driver relay.

Banyak cara untuk mengontrol perangkat keras dapat diimplementasikan dengan menggunakan perangkat lunak. Dalam C / C + + salah satu dapat menggunakan outportb (portno, nilai) fungsi mana portno adalah alamat port paralel (biasanya 378hex untuk LPT1) dan ‘nilai’ adalah data yang akan dikirim ke pelabuhan. Untuk nilai = 0 semua output (D0-D7) tidak aktif. Untuk nilai = 1 D0 ON, nilai = 2 D1 ON, nilai = 4, D2 ON dan seterusnya. misalnya. Jika nilai desimal = 29 () = 00011101 (biner) -> D0, D2, D3, D4 ON dan sisanya adalah OFF.

Klik di sini untuk Download Contoh Program
Klik disini Untuk Source Code Program

3 Responses

  1. bos bisa minta tutornya ga soalnya liat gambar nya bingung nih ga ngudeng

  2. Reblogged this on M2computer.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: