Software Kreatif Menulis

1. yWriter

Khusus untuk menulis novel. Program yang sangat bagus dan memudahkan seorang novelis ketika menulis buku fiksinya. Terdapat fitur khusus seperti karakter, lokasi, tujuan, outline, bab, sudut pandang, catatan, dll. Dengan fitur-fitur tersebut pengarang akan selalu diingatkan untuk tidak “kesasar” makin jauh.

Memakai yWriter, novelis akan bisa terfokus menuliskan jalan ceritanya, dan tidak perlu repot-repot mengingat atau membuat catatan. Dengan aplikasi ini tidak lagi diperlukan puluhan atau ratusan file untuk menyimpan naskah novel; cukup hanya satu file.

Download di sini

2. WikidPad

Cocok untuk pekerjaan wartawan dan peneliti. Dalam satu jendela program WikidPad terlihat banyak folder dan file seperti berkas doc, text, Microsoft Outlook folder, dan notes. Pengguna tinggal memilih dan mengeklik satu dari puluhan filenya, lalu bekerja. Jadi tidak perlu harus capek-capek mencari berkas lama dan membuka banyak jendela program seperti pada Word.

* Editor: Jason Horman
* Release: 1.8 release candidate 17
* Language: English
* License: Open Source/free
* System: 98/Me/2000/XP
* Size : 4 Mb

Download di sini

3. Papel

Program ringan dan sangat unik. Khusus untuk cerpenis. Biasa dipakain untuk menulis cerpen.

Download di Sini

4. Atlantis

Program sejenis Word, tapi yang ini lebih bagus. File-file baru dibuka pada tab dalam jendela yang sama, jadi tidak perlu membuka banyak jendela program seperti pada Word. Atlantis cocok dipakai untuk memformat naskah novel, surat, dan beberapa file panjang. Hasilnya bisa disimpan dalam format rtf atau doc, sehingga bisa dibuka dengan Word.

Download di sini

5. KeyNote

Sama dengan WikidPad; bisa membuka banyak folder dan file dalam satu jendela. KeyNote sangat ideal bagi wartawan, mahasiswa, bloger, dan penulis buku non-fiksi. Aku sendiri memakainya sehari-hari, termasuk ketika bekerja sebagai wartawan koran maupun setelah kini menulis di weblog. Dengan program ini, semua file berada di depan mata. Puluhan bahkan ribuan file tersimpan dalam satu tempat. Pekerjaan menulis menjadi sangat mudah.

Buatlah misalnya sebuah folder dengan nama BERITA; di bawahnya sub-folder BERITA JANUARI, lalu BERITA FEBRUARI, dst; lalu di dalam sub-folder itulah terurut semua judul berita. Sub-sub folder dan sub-file bisa dibuat sebanyak diperlukan. Tinggal memilih, klik, lalu kerjakan. Hal yang sama bisa diterapkan pada penulisan buku. Atau bisa dipakai oleh bloger, dengan membuat folder sesuai kategori/tag atau berdasarkan penanggalan posting.

Satu lagi kelebihan program ini ialah, seluruh file diamankan dengan enkripsi. Artinya, orang lain tidak akan bisa membaca file-file KeyNote dengan program pengolah kata yang lain. Bila ingin memformat file KeyNote menjadi file doc agar bisa diolah dengan Word misalnya, tak usah khawatir, ada fitur untuk mengkonversikannya.

Selain sub-file yang tak terbatas, aplikasi ini memiliki fitur tab, juga dikunci dengan password. KeyNote sangat kurekomendasikan pada setiap penulis. Kugaransi engkau tidak akan kecewa.

Download klik di sini

3 Responses

  1. Aku baru tahu ada software macam ini. List pertama, yWriter, nampaknya adalah yang paling cocok buat aku meski aku bukan novelis. Terimakasih untuk posting yang keren ini, dan, tentu saja, aku akan menjadi pembaca tetap blogmu, kawan. Aku tunggu tulisan berikutnya.

    Salam!

  2. thanks berat….

  3. mantapp gan…:DD

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: