Nuance PDF Reader dan Mengkonversi ke Word dan excel

Anda sering mendapatkan dan membaca ebook yang dibuat melalui file .pdf, yang mana file tersebut hanya bisa dibaca tetapi tidak bisa di edit. Kita mengenal software yang dapat membaca file .pdf yaitu Adobe acrobat Reader dan Fox Reader. Mereka selalu update tetapi tetap saja mereka hanya dapat dibaca saja, perkembangannya hanyalah tulisan yang ada didalam file PDF tersebut dapat di copy dan di paste kedalam microsoft Office. tapi bila ada gambar di dalam file tersebut tidak dapat di copy ke word.

Ada satu software lagi yaitu Nuance, perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan software speech recognition ( mengenali suara) dan OCR Recognition ( untuk konversi dokumen text menjadi tulisan atau data tulisan ), merilis software gratis pembaca PDF, Nuance PDF Reader.

Meskipun fitur membaca PDF juga relatif sama dengan software lainnya. Beberapa fitur Nuance PDF Reader adalah sebagai berikut :

  • Mengisi dan menyimpan Form yang ada di dokumen PDF
  • Bisa memberikan tanda ( annotasi ) seperti garis bawah, highlight dan coretan lainnya di dokumen.
  • Konversi PDF ke Word (doc/docx), Excel atau RTF. Ini salah satu keunggulan Nuance PDF Reader, tetapi untuk mengkonversi PDF memerlukan koneksi internet. karena proses konversi menggunakan teknologi Cloud.
  • Dapat mematikan fitur JavaScript ketika installasi, sehingga masalah keamanan ketika membuka file PDF lebih terjamin. Karena tidak sedikit dijumpai file PDF yang menyertakan file javascript yang berbahaya.
  • Kompatibel dengan PDF standard (sampai versi 1.7), sehingga kompatibel dengan Adobe Reader.
  • Mampu membuka file XPS.

Keunggulan Nuance adalah kemampuannya me-non aktifkan javascript di file PDF yang dibaca dan kemampuan konversi file PDF ke word, excel atau RTF. Sayangnya fitur konversi ini memerlukan koneksi internet, sehingga bagi yang offline belum bisa memanfaatkannya.

Selain itu kekurangannya lainnya adalah Nuance tidak menampilkan dalam tab ketika halaman baru PDF seperti halnya Foxit Reader dan masih menggunakan memori (RAM) yang lebih besar dari Foxit Reader.

Nuance PDF Reader mendukung Windows XP 32-bit SP3, Vista SP1 dan Windows 7. dengan memori minimal 256 MB, serta space hardisk 50 MB.

File Name  : Nuance PDF Reader

File Size  : 18 Mb

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: