Opera Browser Tips and Features

Opera, browser alternatif dan e-mail client dikemas dengan fitur yang bermanfaat, telah mendapatkan popularitas pantas baik di kalangan pengguna internet. Ini adalah top 15 tips untuk browser Opera. Dan terus menjadi lebih baik:

Tips ini berlaku untuk Opera 8,5 – dan versi stabil terbaru pada saat menulis artikel ini. But it’s worth menyebutkan bahwa update utama berikutnya Opera (versi 9) akan datang dengan beberapa fitur untuk diharapkan, terutama built-in BitTorrent support. Fitur lainnya termasuk widget, memblokir konten, dan mengedit teks kaya untuk beberapa nama.

1. User JavaScript:
Iri dengan Firefox ‘extensions? UserJS.org adalah jawaban dari komunitas Opera. Website ini menawarkan Pengguna file JavaScript untuk meningkatkan Opera atau mengubah cara kerja situs-situs tertentu.

2. Tweak hidden settings:
Opera6.ini (Pengaturan Configuration file), yang akan di bahas dalam Tip. 4, adalah di mana Opera menyimpan preferensi Anda. Melalui mengedit Opera6.ini, Anda dapat memodifikasi pengaturan tersembunyi yang tidak dapat diakses dari Opera’s interface. Dokumen ini berisi semua nilai-nilai yang dapat disesuaikan dengan cara ini.

3. Dump the mouse:
Apakah Anda menginginkan jalan pintas perintah keyboard sehingga Anda cukup menjalankan perintah dari keyboard, Situs Opera punya daftar menyeluruh sehingga memungkinkan Anda untuk mengambil kontrol penuh dari browser tanpa harus selalu menggunakan mouse.

4. Memperluas dan memindahkan cache ke drive lain:
Jika Anda menelusuri melalui banyak situs, cache (alias Temporary Internet Files) harus dibersihkan secara teratur baik secara manual atau dengan membatasi ukuran, kecuali jika Anda memiliki banyak ruang disk untuk cadangan. Namun, membersihkan cache browser memperlambat kecepatan secara signifikan, terutama jika Anda memiliki koneksi yang lambat. Memindahkan folder cache drive yang berbeda, memungkinkan Anda untuk menyimpan cache besar tanpa membuang-buang ruang pada drive utama Anda. Pertama, buat ukuran folder dengan cara mengklik menu Tools> Preferences> Advanced> History dan tingkatkan cache disk 200MB atau max Out dan klik OK.

5. Menyimpan beberapa halaman web:
Apakah Anda menginginkan untuk mengunjungi sekumpulan situs pada waktu tertentu setiap hari? Situs berita favorit Anda, setiap pagi, anda bisa menggunakan “Add to favorite” kalau itu yang Anda inginkan karena Opera telah dirancang dengan sebuah cara yang lebih baik: Sesi! Untuk menyimpan sesi browsing Anda, klik File>Sessions > Save this session… Maka Anda diminta untuk menulis nama sesi untuk penyimpanan dan jika Anda inginkan, mengaturnya sebagai sesi mulai Opera untuk me-load setiap kali browser ini diluncurkan. Sesi disimpan dapat diakses setiap saat dari File > Sessions. Fitur ini juga membantu ketika browsing Anda terganggu; hanya menyimpan semua pekerjaan Anda sebagai sesi dan Anda dapat melanjutkan di kemudian hari.

6. Minimalkan Opera untuk system tray:
Kadang-kadang, aku berharap fitur ini sudah built-in ke Windows, jadi aku bisa dengan mudah meminimalkan jendela ke system tray. Opera, hal ini dapat hanya dilakukan dengan menekan Control+H.

7. Put on Mask :
Beberapa webmaster tidak menangkap dengan browser yang terus berkembang, dan beberapa situs web, dimana situs tersebut menolak untuk dioperasikan dengan browser apapun selain Internet Explorer. Jadi, jika Anda pernah menerima pesan kesalahan seperti “Browser not supported” pergi ke Tools > Quick preferences > Identify as Internet Explorer atau Identify as Mozilla.

8. Membuat Catatan :
Kita selalu menemukan informasi penting atau menarik di web dan mungkin menjadi repot untuk menyalin mereka ke dalam dokumen atau menyimpan seluruh halaman web. Catatan opera memecahkan masalah ini dengan meletakkan papan penggaris virtual di sebelah kanan browser anda. Pelajari selengkapnya menggunakan Catatan Opera Browse

9. Spatial navigation:

Menggunakan Shift dan tombol panah Anda dapat bergerak di sekitar halaman web untuk cepat mengakses link, kotak teks dan tombol.

10. Menentukan Lebar halaman Windows :
Apakah Anda terganggu oleh situs web dengan halaman luas? Apakah situs ini dibangun untuk resolusi layar tinggi atau hanya dirancang dengan buruk, fitur Opera’s Fit-to-window dapat dapat melakukan scrollbar horisontal. View > Fit to window width atau tekan tombol Control+F11.

11. Tools for web developers:
Selain sebagai browser besar bagi pengguna biasa, Opera menawarkan perangkat yang mungkin menarik bagi pengembang web. Halaman web dapat divalidasi dengan cepat dengan klik kanan> Validasi. Opera juga dapat menunjukkan apa yang tampak seperti halaman di browser lama, layar kecil dan beberapa mode lain. Ini dapat diakses melalui View > Styles and View > Small screen.

12. Menyingkirkan jendela pop-up untuk selamanya:
Bahkan dengan menggunakan blocker terbaik di terinstal, beberapa jendela pop-up akan tetap dapat muncul. Teknik umum, yang digunakan oleh pengiklan agresif, yang memicu pop-up oleh tindakan pengguna seperti mengklik pada kotak teks atau hanya menggerakkan mouse ke daerah tertentu. Opera menawarkan ekstrem, namun solusi yang efektif untuk memblok semua pop-up tanpa kecuali. klik Tools > Quick preferences > Block all pop-ups. Untuk memperbolehkan pop-up muncul, Anda dapat mengklik pada kotak yang muncul pemberitahuan setiap kali pop-up diblokir.

13. The Wand:
The Wand adalah password Opera manajer. Ia akan mengingatkan username Anda, password dan informasi pribadi lainnya sehingga mereka akan secara otomatis memasuki website pada waktu berikutnya ketika Anda diminta untuk mengetik username dan pasword untuk masuk.

14. Customize appearance:
Opera antarmuka dapat disesuaikan secara detail sampai Anda puas dengan cara, klik Tools > Appearance. Tab pertama memungkinkan Anda untuk memilih dari tampilan pertama yang terinstal dan men-download dari situs web mereka. Dari kedua dan ketiga tab, Anda dapat memilih toolbar dan panel yang akan ditampilkan. Tab keempat berisi tombol-tombol yang dapat menyeret dan menjatuhkan ke toolbar sehingga Anda dapat dengan cepat mengakses fungsi-fungsi yang sering digunakan. Di sisi lain, tombol yang tidak perlu dapat dihilangkan dengan mengklik kanan di atas tombol> Remove from toolbar.

15. Internet browsing dan lainnya :
Opera adalah lebih dari sekedar browser. Ini juga mencakup sebuah mail dan chat client yang mendukung POP3, IMAP, SMTP, RSS, Atom dan NNTP. Tidak hanya Opera Mail adalah salah satu klien terbaik yang pernah ada, tapi itu membuat menjadi lebih baik ketika Anda menjadi terbiasa dan belajar tentang fitur-fiturnya. Dan meskipun saya merasa sangat mudah digunakan, Anda bisa lihat di Opera Mail Tutorial untuk menggunakannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: