Elektrik Statik Dapat Merusak Komputer Anda

Apa itu Listrik Statik? Ini adalah akumulasi muatan listrik dalam suatu objek. Electrostatic Discharge (ESD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transfer listrik statis dari satu objek ke objek yang lain.

Ketika kita menjalani kehidupan kita sehari-hari, kita menemukan dalam jumlah tertentu muatan elektrostatik. Hal ini terjadi terutama di daerah kelembaban rendah, pada musim dingin dan di musim kering. Tubuh kita juga menghasilkan listrik statis yang disebabkan oleh kelebihan elektron (partikel bermuatan negatif) yang terbentuk terutama ketika kita berjalan di atas karpet. Klik di sini untuk melihat beberapa peralatan anti statik

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mendeteksi listrik statis yang Anda hasilkan, itu selalu hadir. Anda dapat mentransfer dari tubuh Anda untuk komponen komputer hanya dengan menyentuh mereka! Saya yakin bahwa kadang-kadang setelah berjalan di atas karpet dan pintu serta menyentuh kenop, Anda merasakan sedikit sengatan listrik yang statis!

Haruskah saya khawatir tentang Listrik Statis ketika merakit atau memperbaiki komputer saya?

Ada komponen komputer yang sensitif terhadap elektrik statis seperti Processor (CPU), hard disk, memori, papan utama chip dan kartu ekspansi bisa rusak parah bila terkena elektrik statis.

Setiap kali Anda membuka komputer Anda dan mengekspos komponen komputer Anda, Anda berisiko merusak sistem komputer anda dengan listrik statis yang telah dibangun oleh tubuh Anda. Komponen komputer Anda dalam kasus Anda (khususnya hard drive anda) cenderung terpengaruh oleh elektrostatik Discharge. Hal ini sangat mungkin bagi Anda untuk dapat merusak komponen elektronik sensitve komputer Anda dalam kasus Anda dari ElectroSatic Discharge tanpa menyadarinya.

Jika Anda merasa discharge, itu mungkin lebih dari 2.000 volt. A discharge level 200 volt dapat menghancurkan chip komputer Anda. Anda komponen di dalam komputer Anda dapat rusak oleh Electrostatic Discharge (ESD) yang tidak dirasakan oleh Anda karena tegangan rendah.

Ada kemungkinan bahwa kerusakan ini mungkin tidak akan terlihat segera. Komponen Anda bisa saja memulai proses degradasi yang rusak perlahan-lahan pada bagian komputer Anda. Anda bisa (misalnya) mulai mendapatkan gangguan berselang sampai komputer Anda berhenti berfungsi dengan baik.

Melindungi komputer Anda terhadap elektrostatik komponen Discharge (ESD)

Untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik sensitif dalam sistem anda dari Electrostatic Discharge, Anda harus:

  • Shut down komputer Anda dan mencabut kabel penghubung arus listrik ke komputer anda.
  • Sebelum menyentuh salah satu komponen komputer anda, Anda harus terhubung ke ground untuk melepaskan apapun gelombang elektrik statis dari tubuh anda.
  • Pastikan untuk memembuang listrik statis dengan menyentuh logam dengan memakai sasis sementara Gelang antistatik. Klik di sini untuk melihat peralatan.  Setiap muatan listrik statis yang terbentuk di tubuh Anda kemudian segera ditransfer ke tanah.
  • Menangani kartu ekspansi Anda dengan memegang ujung-ujung kardnya.
  • Jangan melakukan sesuatu pekerjaan perbaikan atau merakit komputer anda sambil berdiri di atas karpet.
  • Anda harus mennyimpan komponen dalam tas Antistatic sampai Anda siap untuk menggunakannya karena, menempatkan mereka di luar kantong-kantong mereka, membuat mereka rentan terhadap ESD.
  • Jangan mengerjakan komputer anda di tempat yang dingin, dan kondisi kering karena hal ini mendorong listrik statis. Anda harus mencoba untuk meningkatkan kelembaban antara 50 sampai 60%.
  • Jangan memakai pakaian wol atau nilon ketika bekerja pada atau memperbaiki komputer Anda.
  • Jaga pakaian Anda menjauh dari drive, papan, memori, dll Busana mungkin bisa bermuatan listrik, terutama bila kering dan dingin
  • Putuskan hubungan PC anda ke outlet listrik AC dengan saklar daya dimatikan.

Anda harus bekerja dengan satu tangan selalu menyentuh bagian logam dari chasing komputer. Discharge penumpukan elektrostatik kemudian akan segera membumi tanpa menggunakan Gelang antistatik. Tapi Saya tidak merekomendasikan metode ini karena hal ini sangat tidak praktis, melainkan harus melindungi komponen komputer dari Listrik Statis dengan menggunakan Gelang antistatik.

Kerusakan komputer Anda dapat dicegah jika Anda menggunakan Gelang antistatik. Tali ini cocok di pergelangan tangan Anda (lihat Diagram A) ketika bekerja pada komponen komputer Anda dan memiliki kedekatan dengan kawat klip buaya yang dihubungkan dengan Casing komputer anda.

2 Responses

  1. Nice info, tetapi bahasanya banyak yang “aneh”, kemungkinan dikarenakan terjemahan yang belum disunting dengan teliti. Semoga di kemudian bisa diperbaiki, karena ini menyulitkan untuk diterapkan.

    • Kadang untuk orang Indonesia memang sedikit menyulitkan, tetapi untuk orang luar penterjemahannya bagi mereka menjadi lebih mudah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: