Hati-hati terhadap Pemakaian DeepFreeze

Deepfreeze adalah software yang berfungsi untuk mengamankan system kita dari kerusakan, sehingga system kita tetap aman dalam media penyimpanan hardisk kita.

Cara kerja Deepfreeze adalah mencatat registrasi komponen atau peralatan komputer serta software yang di install ke dalam komputer kita, sehingga bila deepfreeze diaktifkan maka untuk seterusnya daftar komponen dan software yang telah terpasang pada komputer kita akan tetap diaktifkan.

Bahayanya bila anda menginstall sebuah software melalui flash Disk atau External Hardisk atau melalui CD, anda akan menon aktifkan Deepfreeze, setelah anda menon aktifkan Deepfreeze anda dapat menginstall  program tersebut.

Setelah anda selesai menginstall software tersebut, anda langsung mengaktifkan Deepfreeze tanpa mengeluarkan CD dari CD Room, serta tidak melakukan Safety remove hardware terhadap flash Disk, atau External hardisk sebelum Deepfreeze diaktifkan, maka deepfreeze akan merigistrasi komponen yang terpasang kedalam system memorynya.

Ketika anda mengeluarkan CD atau mencabut flash Disk atau External Hardisk maka pada saat komputer restart dan hidup kembali, Deepfreeze akan mencari komponen CD, Flash Disk, atau External hardisk yang terigister, dan bila deepfreeze tidak menemukan komponen tersebut, maka komputer anda akan terjadi Blue Screen, dan restart terus.

Catatan :

Hendaklah sebelum mengaktifkan Deepfreeze, kita periksa apakah kepingan CD, atau peralatan USB yang terhubung sudah di safely remove hardware atau di lepas dari komputer, bila semuanya sudah aman, baru kita dapat mengaktifkan kebali Deepfreeze untuk melindungi system kita

Semoga bermanfaat

12 Responses

  1. benar…… !

  2. Mau tanya nih pak, kalau pakai deep freeze apakah tidak perlu pasang Anti Virus di kompi ? Dengar-dengar virus tetap bisa masuk walau di “deep freeze”
    Thanx B 4

    • Antivirus tetap saja bisa dipakai, untuk mendeteksi software dari download atau dari flashdisk membawa virus, untuk mencegah pada saat kita non aktifkan deepfreeze jangan sampai system kita terkena virus tersebut

  3. WAKAKAKA… ARTIKEL YG LEBAY…. UDAH 3 TAHUN SAYA BERGELUT DI DF (deepfreeze)… Dan saya selalu mencabut komponen seperti flashdisk atau cd, setelah DF diaktifkan…. gk ada masalah tuch, wakakaka…..

    Malah bermanfaat,… sewaktu2 klo kita masukan flasdisk ke pc tersebut, gk perlu ada proses detect2 lagi. colok langsung connect….

    • Tepat sekali, bila flashdisk dan hardisk di colok pada komputer, maka akan terdata pada system registry, dan harus dicabut sebelum deepfreeze diaktifkan, dengan begitu pada system registry tidak lagi tercatat flashdisk dan hardisk tersebut sebagai komponen dari system, namun data mereka sudah ada tersimpan, sehingga pada saat di hubungkan lagi tidak akan melakukan proses detect lagi.
      Tapi kalau hardisk atau flashdisk masih terhubung pada system saat deepfreeze diaktifkan, kemudian restart, bila hardisk dan flash disk tersebut di putus dari system maka system virtual yang telah mendata hardisk tersebut sebagai komponen komputer akan mencari dan bila tidak menemukan hardware tersebut maka akan terjadi blue screen

  4. Nambah lagi,… jika pc anda Blue screen itu bukan karena DF nya,… tapi ada software yg instalasinya kurang sempurna, atau karena hardisknya udah mau K.O, atau bisa juga karena uninstall antivirus lewat add/remove, sehrusnya unisntall antivirus pakai versi di atasnya… ( khusus Avira) , Dan jika blue scrren nya muncul setelah desktop keluar itu juga bisa terjadi karena auto run DF nya tabrakan ama auto run program lain, (RUN TIME ERROR) jadi lebih baik buang aja Start up yg tidak perlu di MSCONFIG… DAN YG TERAKHIR BISA JUGA KARENA KOMPUTER ANDA TERINFEKSI TROJAN…

    So jgn takut pake DF…. AMAN AMAN AJA KOK ASAL INSTALASINYA BENAR.

    • Benar, saya juga sudah 4 tahun menggunakan deepfreeze sampai sekarang. tidak masalah asal segala syarat dan persyaratannya kita perhatikan, bahkan deepfreeze sangat berguna buat saya, saya tidak perlu menginstall antivirus lagi yang selalu harus update

  5. HEHEHEHEH KEDUANYA ADA BENAR NYA HEHEH TAPI ADA JUGA SALAHNYA… HAYOOO KITA CARI KESAMAAN …DAN KELEBIHAN MASING2… JANMGAN MENCARI KEKURANGAN …. SIIIP MOGA MAKIN HEBAT ..

    • Benar, Segala informasi adalah untuk membantu, dan bila ada kekurangan atau kesalahan alangkah diberitahukan apa yang merupakan kesalahan, tidak baik menjelekkan atau menghina karya orang seburuk apapun itu, alangkah lebih baik bila memerikan ulasan untuk memperbaiki kesalahan sehingga baik yang memposting maupun yang membaca dapat belajar lebih baik lagi untuk kedepannya

  6. @candra…BELAGU tuh orang

  7. saya pk Deep Freeze sejak msh kuliah thn 2003 sampai skrg saya msh tetap pakai DF, ga perlu mikir pusing klo PC lg di pake org trs eror tgl Restart gajah trs balik lg ke setingan semula deh termasuk virus pun mental hahahahay..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: