Memperbaiki Memory yang Dianggap Rusak

Memory Card 02Pernahkah anda mengalami komputer tidak bekerja karena kerusakan memory?, bila ada memory anda jangan di buang, mungkin masih bisa diperbaiki, dan bisa bekerja menunggu dana anda ada untuk membeli memory yang baru.Berikut ini adalah tips untuk membuat memory yang sudah di anggap mati bisa digunakan kembali (70%), asal tidak mengalami kerusakan fisik yang parah ,misalnya terbakar atau hancur/patah), karena biasanya bila memory sudah di nyatakan mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi komputer maka biasanya langsung saja di ganti dengan membeli momory yang baru, padahal masih ada kemungkinan memory tersebut di bikin hidup atau berfungsi lagi.

Ok, langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah

Avometer/multitester/multimeter.

1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
4. Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!

Catatan:

Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory .
Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami kres dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi….atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum..dsb.

Semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)

2 Responses

  1. 1.jika dalam suatu komputer terdapat dua jenis memori yang berbeda ber pengaruh kah dengan kecepatan komputer itu?
    2.jika jenis sama tapi pc berbeda apa ada pengaruh nya.??
    kalau ada tolong dilampirkan ya…

  2. 1. Jika dalam satu komputer terdapat dua jenis memori yang berbeda, komputer tetap akan bekerja, tapi seringkali terjadi komputer sering restart sendiri, kadang juga terjadi blue Screen.
    Jadi pada satu komputer hendaknya terpasang memory yang sama jenisnya dan sama capasitasnya.

    2. Kalau jenis memory sama dengan PC yang berbeda tidak ada pengaruhnya karena setiap PC memakai memory yang cocok.

    Dalam memory terdapat bios sebagai pengenal Memory tersebut, dan setiap pabrik membuat system bios tersendiri jadi bila dua memory yang berbeda dipasang maka akan terjadi konflik pada memory, karena bios motherboard tidak dapat menyatukan atau menyeimbangkan bios yang berbeda antara ke dua memory tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: