Port HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Belakangan ini mungkin kita sering mendengar mengenai koneksi HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Konektor ini juga dapat ditemukan pada laptop tipe terbaru. HDMI adalah sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer tetapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus.

Contoh paling mudahnya seperti ini, bila anda ingin menghubungkan DVD player dengan TV, biasanya minimal anda butuh 2 kabel yaitu kabel untuk audio dan satu lagi kabel untuk video. Dengan HDMI maka kedua kabel tersebut bisa digabungkan menjadi satu sehingga instalasi lebih mudah dan tidak repot.

Dengan kabel HDMI maka ada beberapa transmisi yang bisa dilakukan yaitu pengganti kabel video, kabel suara/ audio dan terakhir adalah data. Keberadaan HDMI disini tidak terbatas hanya sebagai kabel serba bisa tetapi juga mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan kabel biasa yaitu:

Kecepatan : Mempunyai kecepatan transfer data sampai 10.2 GB per detik sehingga akan menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Komunikasi 2 arah : HDMI juga mampu berkomunikasi secara 2 arah sehingga antara alat yang satu dengan yang lainnya dapat berinteraksi. Dalam hal ini, misal sebuah HDTV (High Definition TV) dengan DVD Player, singkatnya dapat saling berkomunikasi untuk mendapatkan setting terbaik agar gambar tampil secara optimal.

Penggunaan kabel HDMI tentu saja tidak bisa digunakan secara langsung karena sebelumnya anda harus memastikan bahwa alat yang anda miliki sudah mendukung koneksi HDMI ini. Tetapi seiring perkembangan teknologi ini sendiri, koneksi HDMI akan menjadi koneksi standar seperti sebuah koneksi USB yang sudah ada di semua komputer.

Perkembangan terakhir dari teknologi HDMI ini yang ditandai dengan peluncuran HDMI ver. 1.4 yang mampu menjadikan kabel HDMI sebagai pengganti kabel ethernet. Tetapi mungkin sebagai kabel data, HDMI memiliki satu kekurangan yaitu panjang kabel HDMI ini sendiri direkomendasikan antara 7 – 30 m saja sedangkan untuk lebih dari itu, dibutuhkan alat tambahan lain.

9 Responses

  1. gan nambah vga laptop appa bia lewat hdmi ya???

  2. klo mau gambar acara TV bisa jernih apa bisa pakai HDMI?

    • Acara TV kan dari antena RF, bukan dari sumber video lainnya seperti DVD player yang ada fasilitas HDMInya, bila di komputer kualitas gambar bagus atau tidaknya tergantung dari speed Internetnya
      kalau siaran tvnya dari operator seperti Indovision bisa digunakan alat converter Video composite to HDMI biar gambarnya lebih jernih lagi

  3. Gan, mau tanya ni, bisa apa tidak kalau pengen record gitar electrictk ke laptop menggunakan kabel HDMI to colokan gitar gitu?
    trimakasih….

  4. gan apakah HDMI akan menggantikan USB???

  5. gan mau tanya ne,awam bener tentang ini,berarti ini klo di hubungkan ke ke TV LCD suara yang ada di laptop kita apa langsung terdengar di LCD kita?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 499 other followers

%d bloggers like this: