Percepat Koneksi internet untuk Surfing dan download

proses download terlalu lama, load halaman Web juga loyo, serta streaming video tidak mulus lagi. Belum lagi masalah sounds yang terputus-putus, semuanya merupakan masalah klasik payahnya koneksi internet.

Tidak dapat dihindari, betapa cepatnya koneksi DSL baru? Bergembiralah Anda yang bisa menggunakan kemampuan koneksi yang lebih cepat tanpa mengeluarkan lagi lebih banyak uang untuk itu, atau upgrade layanan internet Anda.

Berikut trik surfing dan download dengan mendorong performa yang dapat Anda gunakan meski Anda masih dengan koneksi dial-up. Tentu, Anda sendirilah yang tahu saat-saat yang tepat akses internet, petunjuk berikut hanya membantu Anda membuat alternatif pilihan yang benar dan tepat.

Percepat Dial Up Anda

1. Pakailah 56K.

Istilah “56k modem” sedikit menyesatkan, sebenarnya modem Anda connect ke ISP jauh lebih lambat karena faktor-faktor seperti line noise, jarak ISP dari
tempat Anda dial-up dan berapa jumlah switch yang harus dilewati call Anda
untuk mencapai provider.

Untuk menyelidiki beberapa faktor di atas, pertama-tama angkat gagang telpon Anda, tekanlah satu tombol dan perhatikan suara yang ada di dalam kesunyian. Jika Anda mendengar banyak bunyi klik, tuts ataupun cross-talk (percakapan orang lain), pertimbangkanlah untuk menghubungi perusahaan telepon untuk mengetahui apakah kualitas sambungan telepon Anda dapat diperbagus (namun pastikan apakah Anda akan dikenakan biaya untuk hal ini).

Juga, jika Anda memakai splitter untuk menghubungkan lebih dari satu jenis
peralatan ke dalam outlet/jack telepon, cobalah untuk memasangkan modem
langsung ke dalam outlet/jack tersebut untuk mendapatkan kualitas yang koneksi yang lebih tinggi.

Trik lainnya: bereksperimen dengan beberapa nomor dial-ip. Hubungi ISP Anda untuk mendapatkan daftar nomor lokal dial-up yang terbaru. Cobalah beberapa nomor beberapa kali dalam sehari. Anda akan mendapatkan ada yang mempunyai kecepatan koneksi yang lebih bagus dari yang lainnya, tergantung berapa orang yang memakai nomor tersebut pada saat bersamaan dan berapa switch yang harus Anda lewati untuk mencapai nomor tersebut.

2. Cobalah Beberapa ISP.

Berganti ISP terkadang bisa menghasilkan performance yang sangat berbeda. ISP yang lain mungkin saja mempunyai layanan yang tidak terlalu sibuk. Jika Anda mempunyai teman-teman yang percaya pada Anda, mintalah mereka untuk memperbolehkan Anda untuk log on ke dalam PC mereka untuk membandingkan performance antar ISP.

3. Tambahkan modem kedua.

Dengan menambahkan modem kedua, kecepatan koneksi Anda akan bertambah banyak juga, namun Anda memerlukan nomor telepon yang kedua juga dan ISP yang mendukung fasilitas ini juga. Jika Anda memakai fasilitas ini, pakailah juga software MultiLink yang dapat mempercepat koneksi Anda dengan mengkombinasikan dua koneksi Internet simultan untuk bekerja sebagai satu koneksi; Windows 98 ke atas mendukung fasilitas ini.

“Turbocharge” Sistem Anda

Terkadang kelambatan telah lama terjadi sebelum Anda dial-up. Berikut ini ada beberapa cara “tune-up” koneksi net, monitor kecepatan, perbaiki kinerja PC Anda.

4. Mengukur Kecepatan,  Berapa yang Cepat?

Seberapa cepat sebenarnya koneksi Internet Anda? Sebelum Anda berganti ISP ataupun menambahkan modem kedua, cobalah Bandwitdh Meter milik CNet kecepatan download. Dengan bantuan utility-utility ini perhatikanlah waktu-waktu di mana koneksi menjadi lambat, hal ini mungkin saja karena jam-jam sibuk ataupun terjadi banyak congestion.

Jika Anda selalu mendapatkan koneksi yang jauh lebih lambat daripada yang dijanjikan, catatlah. Mungkin saatnya untuk berganti ISP telah tiba.

5. Tune-up Koneksi Anda.

Beberapa utility dapat meningkatkan performance Net Anda, termasuk men”tune-up” setting TCP/IP registry Windows dan memelihara daftar website beserta IP-Address yang sering dikunjungi. Anda dapat mencarinya di google search dengan kata kunci Tune-Up TCP/IP registry Windows, sepertihalnya dengan menggunakan software Tuneup Utility

6. Pakailah Download Accelerator.

Mendownload dengan koneksi yang lambat bisa membuat frustrasi juga. Ukuran aplikasi-aplikasi terbaru dan game demo sangatlah besar dan bisa memakan waktu “berabad-abad” untuk mendownloadnya jika memakai modem dengan asumsi PC Anda juga tidak crash. Jika ISP Anda memutuskan koneksi di tengah-tengah download, Anda harus mulai dari awal.

Download accelerators dapat mengatasi masalah-masalah ini dari beberapa sisi. Pertama-tama, mereka akan mencoba mempercepat dengan download dengan mencari server mirror yang lebih cepat atau bahkan mendownload sebuah file secara simultan dari beberapa server. Hal yang kedua adalah Anda dapat mengatur jadwal download dan “menyambung” kembali download yang terputus. Untuk download accelerator, cobalah GetRight 4.5, Download Accelerator 5.0, GoZilla 3.93 ataupun NetAnts 1.23 dan Internet Download Manager

7. Pakailah RAM yang Lebih Banyak.

Jumlah RAM yang sedikit akan sangat berpengaruh terhadap performance PC Anda, dan terutama pada saat surfing. Web browser sendiri sudah memakan banyak memory, terutama saat Anda membuka beberapa window browser pada saat bersamaan.

Untungnya harga memory saat ini berkurang sejak tahun lalu. Intinya jika RAM Anda 1 Gb atau kurang, menaikkan menjadi minimial 2 Gb akan sangat membantu.

Pecutlah Browser Anda

Beberapa “tune-up” pada browser Anda dapat mempercepat surfing Anda juga. Jadisisihkanlah sedikit waktu untuk mengutak-atik setting agar surfing menjadi mulus. Siapa tahu Anda akan mendapatkan browser yang sama sekali baru.

8. Barter Fitur untuk Kecepatan.

Satu hal yang pasti: barter fitur untuk kecepatan. Salah satu cara yang sudah sering dicoba dan telah terbukti hasilnya adalah set browser Anda agar tidak
me-load gambar (image), melainkan hanya memunculkan kotak tempat gambar saja. Cara ini akan sangat menghemat waktu loading, terutama untuk yang memakai koneksi yang lambat ataupun PC model lama (tentunya hasil yang ditampilkanadalah halaman Web yang tidak bergambar).

Jika anda memakai Mozilla firefox, klik Tools, Option, lalu klik tab Content, kemudian lepaskan centarang Load Image automatically

Jika Anda memakai IE, cobalah Tools -> Internet Options. Klik Advanced tab,
scroll kebawah sampai Multimedia section, uncheck check box Show Pictures. Jika belakangan Anda ingin melihat gambar tersebut, cukup klik-kanan pada kotak dimana gambar tersebut akan muncul dan pilihlah Show Picture.

Jika Anda memakai Netscape, coabalah Edit menu -> Preferences -> Advanced dan uncheck check box Automatically Load Images.

9. Matikanlah Fitur Java.

Javascript dan Java telah memberikan beberapa fitur yang terbagus di Web
–misalnya menu pull-down dan animasi — namun mereka juga menambah beban di browser Anda. Anda dapat mengklaim kembali kecepatan tersebut jika Anda mematikan salah satu ataupun semua fitur tersebut.

Untuk pemakaian Mozilla Firefox, klik Tools, Option kemdian klik Content, lalu hapus tanda centrang kotak pilihan Enable Javascript

Untuk pemakai Internet Explorer, klik Tools -> Internet Options and the Security tab. Pilihlah Internet icon (yang kelihatan seperti globe) dan klik tombol Custom Level. Carilah Java Permissions section and pilihnlah Disable
Java. Kemudian pergilah ke Scripting section and pilihlah “Disable” untuk “Active scripting” dan “Scripting of Java applets”.

Untuk Netscape, klik Edit -> Preferences -> Advanced. Deselect kotak Enable
Java dan Enable JavaScript.

Catatan, beberapa halaman web, termasuk Hotmail, memerlukan Java atau JavaScript untuk menampilkan atau berjalan dengan benar atau merekan akan mengeluarkan error jika Anda mematikan fitur Java.

10. Ubahlah Homepage Anda.

Homepage Anda merupakan web-site yang akan di-load secara otomatis begitu Anda menjalan browser Anda pertama kali. Untuk mempercepat waktu launch, pilihlah halaman web yang dapat di-load dengan cepat –misalnya dengan yang memiliki sedikit grafik — atau set browser Anda dengan tanpa home-page sama sekali.

Untuk Mozilla Firefox, klik Tools, Option, lalu klik tab General, pada textbox homepage, ketik alamat website yang anda inginkan untuk menjadi homepage anda, atau biarkan kosong.

Untuk Internet Explorer, klik Tools -> Internet Options. Pada bagian pertama di bawah tab “General” menunjukkan preferensi home-page Anda; cukup dengan mengetikkan URL baru atau kosongkan kolom tersebut dan membiarkannya kosong atau dengan menekan tombol “Use Blank”.

Untuk Netscape, klik Edit -> Preferences. Klik kategori Navigator sisi kiri window tersebut. Pada panel kanan, Anda akan meliaht dialog-box di mana Anda dapat merubah home page atau mengubah jadi Blank Page alias halaman kosong.

11. Cobalah Browser Lainnya.

Terkadang koneksi Internet Anda sudah bagus, tapi browser selalu mengecewakan Anda. Kebanyakan browser merupakan aplikasi-aplikasi yang berukuran gede, lamban dan menghabiskan banyak memory. Jika Anda tidak tahan dengan kelambatan IE ataupun Netscape Navigator Anda, cobalah sebuah pilihan lainnya, yaitu Opera5.0 yang memang dikembangkan untuk para web surfer yang memerlukan sebuahbrowser yang lebih cepat dan tidak memakan banyak memory seperti IE dan Netscape atau dengan brows mozilla firefox dan Google crhome.

Dalam testing yang dilakukan CNET Labs menunjukkan bahwa Opera memang lebih cepat dibanding IE dan Netscape dalam hal loading teks, grafik dan cached pages tetapi Firefox mengungguli kedua brows tersebut.

5 Responses

  1. Bagus banget mas…oh ya mas ada software nga buat kita supaya bisa NGEFAX via Komputer…. bagi2 donk di Dunia Komputer…(memang jarang sih orang pake Fax.. tapi perlu juga)….kalau ada..

    • Mengirim fax melalui komputer gampangkok, tinggal beli modem denan fasilitas Fax modem, kemudian install drivernya, dan biasanya ada software untuk mengirim fax, lalu kabel telepon hubungkan ke modem, maka melalui software fax tersebut anda bisa mengirim fax ke mesin fax lainnya.
      Download SoftV92 Data Fax Modem with SmartCP 7.12.09.0
      atau di sini Fax Modem

  2. mas mau tanya..
    laptop saya compact cq40
    saya mau pakai XP kata nya ga bisa,saya jg ga tau knp..kata nya ga support..
    apa ada solusi nya mas,agar bs instal XP
    thanks

  3. andre: saya bantu jawab ya
    sebenarnya dah bisa koq di instal xp
    cm nanti anda akan mengalami trobel driver audio
    bisa diakalin tp mesti pinter utek2 di divice manager
    gampang koq cb pake win xp sp3 yang sudah integrated dengan driver sata yang ada di link ini

    http://indonesiadikomputerku.blogspot.com/2010/10/microsoft-windows-xp-seven-ultimate_18.html

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 499 other followers

%d bloggers like this: