Memperbaiki Cyclic Redundancy Check Error (CRC)

Cyclic Redundancy Check (CRC) adalah pesan kesalahan yang muncul di layar komputer setiap kali PC Anda membaca data yang korup. CRC, pada dasarnya mendeteksi kesalahan pada file yang sedang dibaca oleh PC Anda. Pesan error ini biasanya terjadi ketika PC anda mencoba untuk membaca data dari media penyimpanan yang rusak, seperti harddisk, CD atau DVD. Ketika data sedang ditransfer ke PC, Cyclic Redundancy Check memastikan bahwa data dengan berbagai kesalahan tidak mencapai tujuan yang ditentukan. Ini adalah alasan mengapa sebuah CD rusak tidak bisa disalin ke komputer Anda. Ingat, pengelolaan data merupakan bagian penting untuk menjaga sistem anda dalam jangka panjang.

Banyak sekali, kemungkinan kotoran pada CD atau DVD yang menyebabkan kesalahan CRC. Pembersihan media penyimpanan ini dengan menggunakan kain lembut sering memecahkan masalah. Sebuah sisir CD atau kertas label pada disk juga dapat menjadi masalah. Hal ini karena goresan atau label menyebabkan proses pembakararan disk tidak benar. Sebagian dapat dibakar tapi sebahagian lagi tidak dapat di bakar. Untuk mencari informasi dari disk yang rusak, ada aplikasi software yang berguna dalam hal ini yaitu recover tool. Ini adalah alat yang memulihkan kehilangan data seperti gambar digital dari CD dan DVD rusak.

Masalah hardware

Jika kesalahan CRC masih ditampilkan bahkan setelah menjalankan disc pembersih, maka kemungkinan besar masalah adalah pada hardware. Anda perlu memeriksa CD dan DVD drive dan bersihkan secara teratur dengan menggunakan pembersih lensa disk. Cari tahu apakah perangkat ini berfungsi dengan benar. Menggantikan CD / DVD room dengan yang baru akan memecahkan masalah. Kadang-kadang, koneksi dari DVD dan CD drive yang rusak dapat mengganggu fungsi perangkat.

Cyclic redundancy check error dapat muncul karena alasan-alasan lain juga. Meskipun gagal drive atau CD yang rusak adalah penyebab umum di balik terjadinya kesalahan ini, beberapa keadaan tidak dapat dihindari seperti yang tercantum di bawah ini dapat menyebabkan masalah ini.

  • Mendownload Software tidak sempurna
  • Sistem yang rusak
  • Buggy perangkat lunak (aplikasi yang banyak bug)

Dalam kasus tersebut, sistem akan menampilkan pesan seperti ‘An invalid Windows file or an invalid win32 application’. Tetapi sebenarnya adalah kesalahan CRC.

Perbaikan Cyclic Redundancy Check

Sebuah file yang tidak lengkap di download dari Web atau transfer file terputus juga dapat mengakibatkan kesalahan CRC. Jadi, sebelum Anda membuka file, periksa apakah anda download sepenuhnya dengan memeriksa besar file yang telah anda download dengan keterengan besar file dari websitenya. Anda dapat menggunakan download manager ketika men-download untuk memperbaiki error cyclic redundancy check. Sebuah aplikasi download manager menyimpan track dalam proses download dan memberitahu Anda ketika selesai. Atau yang lain, Anda dapat kembali mencoba untuk men-download dari awal dan cek apakah masih terjadi.

Jika anda menyalin file dari hard drive, Anda mungkin harus menjalankan scan disk kesalahan program untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hard drive. Cacat hubungan antara komputer dan hard drive menjadi penyebab munculnya pesan CRC pada layar. Untuk memperbaiki kesalahan CRC terkait dengan masalah jaringan, Anda perlu untuk memverifikasi semua koneksi untuk memcahkan masalahIngat, untuk memperbaiki kesalahan CRC, Anda perlu mencari penyebab. Ini adalah pendekatan yang terbaik untuk menghilangkan pesan kesalahan ini.

Perbaikan terhadap kerusakan file serta perawatan CD/DVD dapat anda baca di posting berikut ini

  1. Dengan menggunakan software CD Recovery : Software untuk memperbaiki file yang rusak dari CD/DVD
  2. Tips Membersihkan atau memperbaiki CD dan DVD yang tergores

17 Responses

  1. Judul tidak sesuai dengan isinya.

    “Memperbaiki Cyclic Redundancy Check Error (CRC)”
    tapi isinya tidak ada keterangan cara untuk Memperbaiki nya !’.

    Mungkin judul yg sesuai :

    “Penyebab cyclic Redundancy Check Error (CRC)”

    atau cukup

    “cyclic Redundancy Check Error (CRC)”

    • Benar, saya kelupaan, Sebenarnya sudah ada diposting terdahulu, tapi saya lupa membuat linknya, sekarang sudah di buat linknya.
      Terimakasih atas informasinya

  2. Yang mana sih link untuk memperbaikinya ? Saya udah baca tapi solusinya blm tau di mana

  3. Works Great ! Just what I needed.

  4. Maaf mau tanya, gimana klo crc error ini terjadi di hardisk..? kami install mik**tik di salah satu hardisk, proses instalasi berjalan lancar dan baik2 aja. tapi begitu reboot (setelah instalasi selesai), hardisk kami tidak mau booting dengan pesan crc error ini.

    • Adanya bad sector pada hardisk, dimana proses instalasi lancar tapi saat dibaca tidak bisa, karena file yang disimpan saat di install berada di sektor yang bad (rusak), coba lakukan scandisk.

  5. saya menginstall game battlefield 3 sama far cry 2 pas diinstall ditengahtengah keluar tulisan cycle redudancy check error terus saya ignore gamenya malah gak bisa dimainin padahal di laptop teman saya yang speknya sama itu bisa dimainin , kirakira solusinya gimana ya?

    • Hasil copyan file instaler game anda tersebut rusak, atau kemungkinan head dari CD/DVD room ada tidak bisa membca, coba copy ulang CD game tersebut

  6. maaf mau tanya, saat saya menginstall game, di tengah jalan pasti ada pesan CRC, padahal itu dvd game baru dan saya membersihkan dengan cara yang benar. dan gara gara CRC keluar terus, saya sampai menganti DVD ROOM, tapi tetap saja CRC ini terus keluar. mohon bantuan solusinya?

    • Bisa jadi DVD game anda kualitasnya tidak bagus, dan juga bila anda beli DVD biasanya toko penjual akan memberikan garasi 1 minggu bila DVD tersebut tidak dapat digunakan
      DVD tidak semua kondisi baik, karena itu kan bukan DVD original, melainkan copyan

  7. setiap saya install Assasin’s Creed 2 dan Dynasty Warrior 6 lewat Dvd terjadi error CRC. Tapi Saat di installdi komper teman dua-duanya erhasil diinstall. kira-kira itu penyebabnya dan solusi apa ya?

  8. bagaimana cara mengatasi data error cyclic redundancy check , pas saya mau instal CD Medal Of Honor Warfighter kok ada bacaan

    G:\data2.cab
    Data Error ( cyclic redundancy check )

    plis bantu saya mas, cara mengatasinya gimana?

  9. mf mau nanya nich, saya kan ngedownload file winrar yang ada isinya file file. trus saat gua buka tu winrar minta password tp pas gua msukin passwordnya masuk sich tapi saat gua extract tu winrar kok muncul CRC eror padahal downloadnya full kok…
    mohon di bantu ya?????

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 497 other followers

%d bloggers like this: