Apa Perbedaan Website dengan Blog

Banyak orang membuat website, biasanya bagi pengguna bisnis atau pengguna organisasi dan perorang. Banyak juga orang membuat blog. Yang menjadi masalah adalah apakah orang-orang benar-benar memahami perbedaan antara website dan blog. Sebenarnya antara Website dan Blog banyak kesamaannya, antara lain :

  1. Masing-masing memiliki nama Domain
  2. Masing-masing Memiliki Halaman HTML
  3. Masing-masing Memposting Artikel atau berita dll.
  4. Masing-masing dapat dibuka oleh Mesin Pencari Google, Yahoo, Being dll.
  5. Masing-masing mendaftar dengan menggunakan Email yang anda miliki

Melihat persamaan antara mereka, apa yang membedaakan atara Website dengan Blog?

Berikut ini menjelaskan perbedaan mendasar antara blog dan website:

Website

  1. Konten statis : Biasanya tidak sering mengupdate posting, bila ada perobahan baru memaksa untuk mengupdate website.
  2. Pelayanan : Melayani orang-orang untuk melakukan transaksi, contohnya seperti Perbankan, pembayaran Pajak, Departement Pemerintahan dll. Website ini memiliki data base yang fungsinya menyimpan segala informasi nasabah atau pelanggan yang tujuannya untuk menjalankan pelayanan.
  3. Penjualan : Biasanya Perusahaan untuk memasarkan produknya memiliki Website, dimana didalam websitenya terdapat database tetang barang-barang produk mereka, serta daftar harga, dan melakukan transaksi jual beli secara virtual ke konsumennya. Website ini biasanya jarang sekali di Update, Bila ada barang baru, barulah dilakukan Update Website.
  4. Untuk membuat Website, seseorang harus membeli domain sebagai alamat URLnya dan selain itu mereka juga harus memiliki Hosting untuk tempat penyimpanan file mereka. Bagi perusahaan besar mereka sudah memiliki hosting sendiri, tetapi untuk domain mereka tetap harus membeli.
  5. Sebagai Layanan Informasi, Sepertihalnya hiburan, Perhotelan, Informasi Paket Perjalanan Wisata, Layanan Transformasi, Surat Kabar (Koran) memiliki Website yang profesional yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pelayanan mereka terhadap pengunjung website.
  6. Untuk membuat Website halaman websitenya harus dibuat sendiri, dan bebas merubah sesuai dengan rancangan yang diinginkan.

Blog

  • Selalu Update : Untuk menarik pengunjung agar berkunjung ke situs mereka, biasanya para bloger akan selalu mengupdate status mereka dengan segala informasi yang menarik.
  • Untuk membuat Blog, bloger tidak membeli domain dan hosting, mereka dapat mendaftar ke website yang menyediakan domain blog gratis.
  • Terbatas : Blog tidak bisa bebas untuk membuat atau merubah halaman websitenya, mereka hanya dapat melakukan perobahan tampilan halaman websitenya sesuai dengan fasilitas yang diberkan kepada mereka.
  • Para Bloger biasanya sering memposting informasi yang berkembang pada saat ini, dan para bloger dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi.
  • Para Bloger juga banyak menyediakan layanan untuk produk, namun biasanya produk yang mereka pasarkan bukan produk mereka sendiri.
  • Blog lebih banyak dikunjungi orang daripada Website pro (Bisnis), karena antara bloger dengan pengunjung dapat saling berkomunikasi dengan membuat komentar untuk forum Diskusi, ementara website, komentar anda belum tentu mendapatkan tanggapan dari pemiliknya.

Kesimpulan :

Banyak orang yang berselancar di internet berkunjung ke blog ketimbang berkunjung ke Website, alasan mereka berkunjung keblog karena ingin mendapatkan informasi untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi, dan ini jarang mereka dapati bila mereka berkunjung ke Website.

Selai itu banyak informasi yang penting diperoleh oleh pengguna internet dari para bloger, karena para bloger tidak memiliki beban untuk merahasiakan apa yang mereka ketahui, sepertihalnya dengan perusahaan yang merahasiakan trik dari sebuah produk mereka. Para bloger akan memaparkan apa yang mereka ketahui agar semua orang dapat mengetahui informasi.

Semua dalam satu

Salah satu pendekatan yang telah terbukti sangat efektif adalah dengan membangun website Anda dengan perangkat lunak blog, seperti WordPress. Blog software memiliki kemampuan memberikan Anda dengan kedua halaman web statis (halaman) dan halaman blog (posting). Karena keduanya diperlukan untuk keberhasilan eksposur online Anda, ini memungkinkan Anda untuk merancang kehadiran web yang berisi website tradisional dan sebuah blog dengan menggunakan satu alat. Dengan beberapa manfaat antaralain :

  • Satu terlihat homogen dan bernuansa.
  • Kemudahan optimasi untuk SEO.
  • Berbagi add-on plugin antara halaman dan posting.
  • Kemudahan dan kecepatan merancang dan mengembangkan keberadaan web.
  • Kemudahan pemeliharaan dan pemutakhiran konten sejak infrastruktur seluruh web didasarkan pada sistem manajemen konten (CMS).

3 Responses

  1. Thank’s

  2. I work alone, there is no coder that helps me

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 496 other followers

%d bloggers like this: