CMOS Checksum Error

Apa yang dimaksud dengan CMOS Checksum Error  dan bagaimana anda memperbaikinya

CMOS checksum error ini disebabkan ketika nilai-nilai CMOS salah atau rusak.Masalah ini dapat terjadi karena:

Baterai CMOS Lemah atau rusak

Restart komputer. Jika kesalahan tersebut masih terjadi setelah reboot, masukkan CMOS Setup dan periksa semua nilai, memverifikasi tanggal dan waktu apakah sudah benar atau tidak. setelah semuanya diverifikasi, pastikan Anda menyimpan dan keluar dari CMOS (Bios) setup. Jika semuanya telah tepat dan masalah tetap ada, coba reset CMOS (Bios) ke posisi defaultnya atau Reset Configuration Data

Catatan:
Jika masalah ini masih terjadi setelah Anda mematikan komputer Anda dari kemungkinan baterai CMOS melemah atau sudah rusak. Anda dapat melakukan penggantian bateray CMOS sesuai dengan petunjuk buku manual Motherboard anda, dan setelah mengganti baterai CMOS, Bios harus anda setting sesuai dengan standard Bios Motherboard yang terdapat pada buku manual mother board anda.

Update BIOS :

Jika Anda baru saja meng update BIOS komputer anda, nilai-nilai CMOS bisa saja tidak tepat. Masuk ke system CMOS (Bios) setup dan kembali memasukkan semua nilai yang sesuai. Lebih lanjut tentang setting setup BIOS dapat ditemukan pada manual motherboard anda.

Jika Anda tidak dapat masuk ke system setup BIOS setelah melakukan update BIOS, komputer Anda tidak lagi menyimpan setting bios, kemungkinan anda melakukan kesalahan dalam mengupdate BIOS untuk komputer Anda atau versi bios tida cocok dengan mother board komputer anda. Saya sarankan Anda mencoba untuk meng-update BIOS kembali atau kembali ke versi bios sebelumnya.

Memutuskan sambungan power supply sebelum komputer mati :

Jika daya listrik terputus ke komputer pada saat komputer sedang bekerja, ada kemungkinan dapat merusak CMOS (Bios). Oleh karena itu, pastikan bahwa komputer dimatikan dengan benar sebelum mematikan listrik. Jika Anda memiliki sebuah laptop, pastikan bahwa daya baterai sekurang-kurangnya masih ada 25% sebelum mencabut sambungan kabel charger ke listrik.

Jika system bios anda tidak berfungsi dengan benar, masukkan setting yang benar pada Bios setup kemudian simpan lalu keluar dari system Bios. Ini pasti akan memecahkan masalah Anda.

4 Responses

  1. saya sudah ganti Baterai CMOS tapi masih saja tampil CMOS Checksum Error, mohon penjelasan dan solusinya, terima kasih

  2. kompi ku setelah ganti CMOS malah keyboard nya yang tidak berfungsi.. padahal sudah di test di kompi lain keyboardnya masih normal saja..
    apa ada hubungannya dengan MoBo ya?
    mohon di bantu gan..
    089656216989 terimakasih

    • Bisa jadi port PS2 pada motherboard sudah tidak terhubung dengan baik, atau ada pin port yang patah, ini bisa di teset dengan menggunakan USB keyboard, apakah berfungsi atau tidak
      atau bisa juga karena settingan bios tidak tepat, coba set bios ke defaultnya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 496 other followers

%d bloggers like this: