Penggunaan TestDisk

Untuk posting Cara mengembalikan data dari Partisi Yang Hilang 2 yang fungsinya untuk mengembalikan partisi yang hilang sekaligus mengembalikan data file. mungkin masih banyak yang belum mengerti cara pengoperasiannya.

Disini akan saya posting cara menggunakan program tools TestDisk secara lengkap, tapi berhubung penjelasannya terlalu panjang untuk di posting maka dibuat dalam bentuk pdf, anda dapat mendownload cara menggunakan program TestDisk.

Sebenarnya untuk mengembalikan partisi yang hilang bukan hanya program TestDisk saja anda juga dapat menggunakan cara lain seperti :

1. Cara Mengembalikan Data dari Partisi Yang Hilang 1
2. Recovery Partisi Yang Rusak

Tapi untuk mengembalikan data file dan folder karena hardisk terformat tidak bisa menggunakan program ini anda dapat menggunakan cara seperti :

  1. Glary Undelete 1.5
  2. Tune UP Utility
  3. HDD Recovery File

19 Responses

  1. makasih mas linknya

  2. drive D saya berisi data pribadi tertimpa installan os windows yang seharusnya saya install di drive C,
    Apakah data pribadi saya bisa terselematkan…?
    makasih…

  3. saya pernah menyimpan data berupa foto-foto di my document tepatnya pada bagian my pictures..tapi setelah itu ada beberapa hal yang menyebabkan saya harus menginstal ulang netbook saya..bagaimana caranya mendapatkan kembali foto-foto yang ada di my pictures tadi…software apa yang sebaiknya saya gunakan??
    mohon bantuannya dan kalau bisa tolong di kirimkan ke email saya : detroitgorbachev@yahoo.com
    terima kasih banyak

  4. salah 1 data yang ada d flashdisk ku hilang, aku mw coba pake aplikasi testdisk mohon dong bantuannya gmn cara mengembalikan data di flashdisk ku. mohon reply ke blog ku ya januardi-r.blogspot.com Terimakasih atas informasinya,

  5. maaf saya mo tanya. Saya ga sngaja memformat ulang drive C & D mnjadi 1 drive pda saat menginstall win xp. apakah smua data yg ada di drive D bs kmbali seperti semula ? Dgn catatan kondisi win xp sudah terinstall & hanya ad 1 partisi yaitu drive C. Mohon bntuannya …. Terima kasih …

  6. Om Dunia Komputer makasi banyak buat resepnya, sangat membantu mengembalikan partisi saya yang hilang. .numpang nyedot tutorialnya yah Om ane mw mosting di blog ane, sumbernya tetep ane cantumin kok heheheh :)
    thank’s maju terus dunia komputer…

  7. [...] memberikan penjelasan tentang kerincian cara pengoperasiannya sampe akhirnya ane mampir ke blognya DUNIA KOMPUTER. lah disitulah ane bisa mudeng dan gamblang bener penjelasan yang [...]

  8. [...] Penggunaan TestDisk [...]

  9. Maaf saya mau tanya. komputer saya rusak dan setelah saya perbaiki partisi untuk D dan F ko hilang. Yang ada hanya Disk C.
    bagaimana caranya untuk mengembalikannya..

    • Coba masuk ke manage, lalu klik Disk management, lalu pada partisi yang tidak terdaftar, klik kanan, lalu pilih Change drive letter and path, pilih huruf driver yang disediakan

  10. selamat pagi om, tolong kasih saya link software buat ngembaliin file yg terhapus di harddisk external om. hdd nya sudah ke format 2 kali om. apakah data atau partisi masih bisa dikembalikan lgi om? thanks (mohon bantuan nya ya om)

    • Bisa menggunakan beberapa software seperti
      – Gate data back
      – Recovery my file
      – Recuva
      – Easus recovery file

      Tergantung kondisi filenya, bila sudah ditimpa dengan file lainnya, kemungkinan file yang kembali akan corupt

  11. salam kenal.. mau nanya klo wd ekternal terdeteksi hanya sebagai drive g/”you need to format drive G: before you can use” sebelum menggunakan sofware ini harus di format dulu atau langsung aja.. abaikan kata2 yang diatas.. kita harus punya hardidisk internal yang ada free spacenya gak sebanayk di hardisk ekternal gimana?? mohon bantuanya

    • Biasanya kalau ada pesan need to format ketika menyambung hardisk eksternal, coba cabut lagi dan pasang, kemungkinan karena usb kekurangan power sehingga tidak kedetek secara penuh, biasanya harus dicabut dan dipasang berulang-ulang

  12. mas mau tanya nih,, kalo data yg dihardissk saya ke hapus pas install 2 os pke linux, masih bisa terselamatkan?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 507 other followers

